7 MANFAAT BERSILATURAHMI


Rd;- Silaturahmi dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti tali persahabatan atau persaudaraan. Jika bersilaturahmi artinya kita mengikat hubungan tersebut.

Momen sakral dalam idulfitri selain sungkem (meminta maaf versi adat jawa) adalah silaturahmi ketempat saudara, tetangga dan juga kerabat. Hal ini memang telah menjadi budaya selama bertahun-tahun bagi umat muslim.

Dalam sebuah hadis yang dikutip dari artikel liputan6.com tentang hikmah dan keutamaan silaturahmi dalam islam bahwa dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda,

“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. (HR Bukhari).

Dengan demikian dapat didefinisikan bahwa silaturahmi merupakan suatu kegiatan yang dianjurkan oleh islam. Sementara dalam bersilaturahmi sendiri memiliki banyak sekali keutamaan yang terakandung, berikut beberapa keutamaan tersebut :

Luas rezeki dan panjang umur

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim)

Berkunjung ketempat orang tertua dan dihormati baik itu bagian dari keluarga maupun tetangga dapat menumbuhkan keharmonisan. Sebab ketika kesempatan untuk bertemu masih terbentang memberikan kesadaran pada diri kita untuk dapat bersyukur dengan cara tersendiri kepada Allah. Sehingga dengan kesempatan waktu tersebut menumbuhkan doa-doa terbaik yang disampaikan kepada Allah agar diekmudian hari dapat kembali bertemu.

Temen-temen perlu diketahui bahwa kesempatan waktu dan juga usia untuk hidup di dunia merupakan rezeki Allah yang maha pengasih.
  
Menjaga kerukunan

Sebagai makhluk Allah yang penuh dengan kesalahan dan dosa tentu kita menyadari akan hal tersebut, barangkali kita sering menyakiti sanak saudara dengan ucapan atau perbedaan pendapat yang mungkin memang kita sendiri terkadanga tidak menyadari.

Sehingga dengan momen bersilaturahmi merupakan waktu yang paling tepat untuk memperbaiki diri dengan memohon maaf dan saling memaafkan untuk segala khilaf dan dosa. Momen silaturahmi menjadi ksemepatan bertemu untuk mencari jalan keluar persoalan yang terjadi dengan menemukan titik tengah masalah tersebut.

Temen-temen jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang masih tersedia, sebab jika kesempatan itu hilang penyesalanlah yang ada.

Kembali terhubung dengan Allah SWT

Menyambung silaturahmi terhadap sesama manusia merupakan salah satu cara kita kembali pada Allah SWT, memperlakukan manusia dengan baik juga cara mengembalikan kita kepada Allah. Sebab dengan demikian menyadarkan kita bahwa dalam hidup kita tidak dapat hidup sendirian dan dialah yang maha agung yang memberikan garis hidup pada kita.

Menjaga Kesehatan Mental

Bersilaturahmi juga menyehatkan mintal kita, ada sesuatu energy positif yang dapat kita serap, dapat membuka pola pikir terhadap kejadian-kejadian pada orang lain. Dengan saling bertanya kabar, bertukar informasi dan menghidupkan komunikasi dapat membuat diri kita menjadi memiliki mood dan semangat yang baik.

Memeperat tali persaudaraan

Silaturahmi dapat mempererat kembali hubungan yang renggang atau akrena waktu yang tidak memberikan kesempatan untuk bertemu. Manfaatkanlah momen idulfitri untuk bertemu dengan keluarga dan saudara, menyambung kembali hubunngan yang renggang dan memperbaiki ruang-ruang yang kosong yang pernah ditinggalkan.

Mengenal anggota keluarga baru

Dalam perjalanan waktu 1 tahun, 2 tahun atau bahkan lebih banyak sekali hal-hal yang terjadi dalam hidup seseorang yang mungkin tidak kita ketahui atau sadari. Momen idulfitri inilah menjadi kesempatan mengenal orang baru maupun keluarga baru yang hadir ditengah-tengah hidup kita. Memperluas koneksi, menghidupkan komunikasi untuk mengenal hal baru didalam hidup.

Menggugurkan dosa

Silaturahmi menjauhkan Anda dari dosa perselisihan dan meluruskan kesalahpahaman.

Temen-temen jangan sia-siakan kesempatan dalam idulfitri ini untuk berkunjung kepada keluarga teman saudara ataupun keluarga, sambunglah yang terputus, hidupkanlah yang mati dan perbaiki yang rusak. Agar hidup kita banyak yang menolong, hidup kita warna dan hidup kita lebih bermakna.

0 Response to "7 MANFAAT BERSILATURAHMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel