5 Makanan Penyebab Asam Lambung yang Perlu Diperhatikan

Beilmin - Kalau kamu punya sakit GERD atau biasa disebut asam lambung, ada beberapa asupan makanan yang harus diwaspadai karena dapat memicu produksi asam dalam lambung berlebih.
Bila tidak hati-hati, tidak menutup kemungkinan makanan penyebab asam lambung tersebut menimbulkan gejala yang semakin parah.
Kalau gejala sudah mulai muncul disarankan para ahli agar segera minum air putih untuk menetralisir asam lambung atau konsumsi obat anti asam. Nah, makanan penyebab asam lambung apa saja yang sebaiknya dihindari? Berikut beberapa contohnya.
Terlalu banyak daging
Dilansir dari Detik Health, seorang dokter mengungkapkan konsumsi daging-dagingan yang terlalu banyak dalam waktu singkat dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan.
Terlebih, kondisi ini bisa makin parah bila daging diolah dengan bumbu tajam. Salah satu faktor yang menginduksi produksi asam lambung ialah konsumsi daging dalam waktu singkat secara berlebihan.
Makanan pedas
Makanan pedas mengandung senyawa capsaicin, bagi beberapa orang sensitif dapat memicu produksi asam lambung.
Maka dari itu, penderita asam lambung sebaiknya hindari makanan pedas bila tidak ingin penyakitnya kambuh.
Kalau memang sudah ada masalah pada lambung, bisa lecet atau luka parah bila ditambah makanan pedas.
Mi instan
Mi instan memang bisa dibilang makanan lezat populer dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Namun bagi pengidap asam lambung, sebaiknya lebih berhati-hati karena makanan ini bisa berisiko tidak baik untuk lambung akibat kandungan garam yang tinggi.
Adapun konsumsi garam per hari dianjurkan tidak lebih dari satu sendok teh. Rata-rata kandungan sodium pada mi instan 50 sampai 60 persen dari kebutuhan sodium per hari kita
Buah asam dan soda
Jenis buah asam seperti jeruk, lemon, atau nanas juga tidak disarankan bagi kita dengan pengidap asam lambung.
Alasannya tentu karena kandungan asam buah-buah tersebut dapat memperparah asam lambung.
Sementara itu, minuman bersoda juga dapat memicu hal serupa. Bahkan sesaat setelah kita mengonsumsinya, kita bisa seketika merasa tidak nyaman dalam lambung.
Makanan tinggi lemak
Makanan mengandung lemak tinggi harus dihindari bagi pengidap asam lambung karena dapat mengganggu sistem pencernaan.
Biasanya makanan berlemak dan digoreng membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lambat sehingga akan memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung untuk membantu mencernakannya.
Sebisa mungkin hindari makanan penyebab asam lambung agar pencernaan kita bisa bekerja dengan baik, ya. Selalu perbanyak konsumsi sayuran dan air putih, serta kurangi stres agar gejala asam lambung tidak semakin parah. Yuk, ubah pola hidup jadi sehat sekarang juga!

0 Response to "5 Makanan Penyebab Asam Lambung yang Perlu Diperhatikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel