Berwirausaha Di Usia Muda Guna Kesiapan Di Hari Tua


Salam Berbagi ( SABEGI ), Saya seorang yang terlahir dari sebuah impian, karena saya adalah salah satu impian dari orang-orang yang mulia di sisi saya, impian itu berusah di wujudkan oleh mereka. Mereka adalah kedua orang tua saya. Dahulu mereka mempunyai impian untuk mempunyai buah hati. Dengan impian tersebut mereka mempunyai tujuan dalam hidupnya, dan mereka berusaha mewujudkanya dengan penuh kerja keras. Karena atas izin Allah impian mereka terwujud dan terlahirlah saya.

Karena terlahir dari impian, hidup saya juga tidak lepas dari impian-impian yang saya tulis dalam sebuah kertas. Ada berapa impian saya? Tentu sangat banyak. Saya sangat yakin impian saya akan terwujud ketika impian tersebut telah menjadi kebutuhan saya. Karena Allah tidak pernah membiarkan hambanya berada dalam kesusahan, selama hambanya mau berusaha. Dan usaha tidak akan pernah berbohong terhadap hasilnya.

Banyak orang yang selalu menginginkan kesuksesan dalam hidup mereka, begitu juga saya. Akan tetapi banyak orang yang ingin sukses, namun mereka tidak mengerti apa itu sukses yang sebenarnya. Sementara bagi saya sukses itu ketika saya berhasil dan mendapatkan apa yang menjadi mimpian terbesar saya.

Ngomong-ngomong masalah sukses, pernahkah saya mencapai kesuksesan? Pernah. Sukses seperti apakah yang pernah saya capai? Sukses dalam ruang lingkup kecil pernah saya wujudkan, contoh hal kecil. Dahulu saya sangat ingin menjadi salah satu siswa lulusan yang sangan berperan dari sebanyak siswa. Berkat doa, usaha, kerja keras, dan tentunya atas izin Allah saya bisa mewujudkan itu. Ketika acara pelapasan saya mendapat penghargaan sebagai siswa paling kreatif. Memang selama saya duduk di bangku sekolah saya selalu berusaha membuat hal-hal baru untuk menciptakan suasana baru, meski itu sederhana. Dan ternyata sebagian besar orang tidak hanya diam, tetapi mereka terus memperhatikan perkembangan saya hingga saya di beri penghargaan tersebut. Nah sementara adakah kesuksesan yang belum saya raih? Tentu ada, bahkan sangat banyak dan sedang dalam proses.



Salah satu kesuksesan yang ingin saya raih yaitu menjadi pengusaha sukses yang memiliki banyak cabang dan beragam jenis bidang usaha. Di suatu sisi saya suka merasa seperti tidak mungkin, namun sepertinya juga mustahil. Tetapi kembali saya serahkan pada Allah SWT, yang telah mengatur segalanya yang terbaik bagi saya.

Pengaruh perekonomian yang dominan sangat berkembang di kalangan wirausahaan, di tempat saya tinggal juga sedang berlomba-lomba untuk mendirikan suatu usaha, ada yang berbadan di bawah pemerintahan, ada juga yang menggunakan ekonomi kreatif. Di Desa Sapta Mulia tempat saya tinggal sangat dominan para peternak sapi, berternak sapi adalah bisnis yang mudah di lakukan bagi kalangan para petani di daerah sini.
Bahkan begitu dominanya sehingga bermunculan kelompok-kelompok baru yang di bentuk untuk mengembangkan bisnis tersebut secara berkelompok. Seperti salah satu Kelompok Tani yang ada di Desa saya, Kelompok Tani ini lain dari yang lain. Sebut  saja Taruna Tani SAPTA DASA. Mereka di bentuk dari kalangan kaum muda setempat. Sejauh ini mereka tengah mencapai setengah kesuksesan dari perjalanan mereka, bertubi-tubi segala bantuan materil yang bersifat menfasilitasi terus mengguyur tiada henti. Namun di balik itu sungguh keras perjuangan mereka, yang harus berkorban lebih sebelum mencapai semuanya. Sudah sangat jelas kesuksesan yang menjajikan jika menggunakan strategi yang bagus dalam memenegemen, membuat usaha ini berkembang secara berkesinambungan.



Saya bersyukur bisa menjadi bagian dalam Taruna Tani tersebut, karena prospek 10 tahun kedepan bisa di rasakan dari awal. Mengingat hidup di kalangan petani, Sapi adalah usaha ternak yang sangat nyata hasilnya. Kehidupan yang berada di tengah-tengah antara kota dan desa membuat saya mempunyai keinginan yang tinggi untuk mempunyai sebuah usaha yang maju. Saya ingin mengembangkan berbagai bakat yang saya punya. Seperti salah satu kemampuan saya yaitu keahlian dalam mendisain. Impian saya ingin mempunyai perusahaan yang mengaplikasikan karya disain saya, seperti disain pada pakaian, interior, bangunan dan lain sebagainya. Jadi sebut saja perusahaan yang melayani jasa, yang mana mempekerjakan para ahli disainer di daerah setempat maupun wilayah Nusantara.

Ngomong-ngomong soal bidang usaha, di zaman yang canggih ini sangat variatif. Cukup duduk di rumah kita sudah bisa mengontrol usaha kita dengan handphone. Tidak perlu berjalan kesana-kemari, tinggal pencet, transaksi dan selesai. Lalu mendapatkan profit yang berlipat. Di suatu sisi jika di fikir-fikir memang tidak masuk akal, namun hal tersebut nyata dan itu benar-benar ada. 

Seperti yang ada di dalam situs ralali.com. Apa itu Ralali ?  Ralali.com adalah setiap orang bisa memulai usaha sesuai dengan passion mereka dengan berkulakan du Ralali.com. B2B kepanjangan dari Business to Business, sebuah transaksi jual beli secara online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pengusaha lainya. Misalnya : Pengusaha interior dengan Pemilik Cafe, Pemilik usaha Ban dengan Pemilik usaha Bengkel Mobil, dll.
Konsep tersebut yang membedakan B2B dengan markeplace lain seperti bukalapak, Olx, Tokopedia dengan konsep C2C (Customer to Customer), atau B2C (Business to Customer) seperti Zalora, Bhinneka, Lazada, dll.


Nah, sekarang buat teman-teman semuanya tidak perlu bingung dalam memulai bisnis, semua itu ada jalanya kalau kita mau berusaha menggali potensi yang kita miliki, setelah membaca artikel ini saya harap teman-teman bisa memulai bisnis dengan mudah.

0 Response to "Berwirausaha Di Usia Muda Guna Kesiapan Di Hari Tua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel