Pengertian Laporan

Salam Berbagi (SABEGI) , Laporan sangat digunakan dalam dunia instansi perusahaan dan pemerintah. Maka dari itu perlu sekali kita mempelajarinya untuk mendapatkan suatu penetahuan yang real. Berikut pembahasanya.



LAPORAN
Laporan adalah suatu cara komunikasi yang berisi informasi sebagai hasil dari sebuah tanggung jawab yang dibebankan kepada pembuatnya.
A.    Guna laporan
a.       Alat pertanggug jawaban secara tertulis
b.      Pendokumentasian data
c.       Bahan pertimbangan
d.      Acuan pengambilan keputusan
e.       Alat merumuskan suatu penilaian
f.        Bahan evaluasi
g.      Melatih berfikir sistematis

B.     Jenis-jenis laporan
a.       Laporan formulir
Laporan yang hanya mengisi belangko yang telah di sediakan
b.      Laporan memorandum
Laporan yang di uraikan secara singkat, laporan ini di buat dalam rangka proses hubungan kerja antara unsure-unsur dalam instansi
c.       Laporan surat
Laporan yang di uraikan lebih panjang dari laporan memorandum, sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapat diguanakan untuk bermacam-macam topic
d.      Laporan naskah
Laporan yang panjang, biasanya di susun seperti makalah, materi laporan di bagi menjadi beberapa topic dan sub topik
e.       Laporan buku
Laporan yang di susun dalam bentuk buku

C.     Segi penulisan laporan terbagi menjadi seperti berikut :
a.       Laporan formal
Laporan formal adalah laporan yang struktur penulisannya lengkap. Terdiri atas :
·  Halaman judul
·  Halaman pengesahan
·  Halaman kata pengantar
·  Halaman daftar isi
·  Halaman daftar tabel (jika ada)
·  Halaman daftar grafik (jika ada)
·  Halaman pendahuluan, latar belakang, tujuan
·  Halaman bagian isi, berisi tentang uraian pembahasan masalah atau objek yang dilakukan serta hasil yang dicapai
·  Kesimpulan dan saran

b.      Laporan in formal
Laporan informal adalah laporan yang tidak memenuhi persyaratan sistematika di atas. Sistematika atau struktur penulisannya lebih sederhana atau memiliki model sistematika sendiri dan tidak bersifat standar.

D.    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan, seperti berikut:
1.      Memberitahu jenis laporan yang akan disampaikan
2.      Menyampaikan pengantar setelah latar belakang pembuatan laporan
3.      Menyampaikan proses perolehan bahan laporan
4.      Memberikan gambaran secara umum tentang sistematika laporan
5.      Menyampaikan isi laporan dengan bahasa yang baik, formal dan efektif
6.      Memberikan penekanan pada uraian mengenai fakta. Jika berbentuk laporan narativ dan deskriptif

7.      Memberikan penekanan pada alur proses/ tahapan jika laporan berbentuk ekspositoris.

0 Response to "Pengertian Laporan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel