LEBIH DARI 200 BERITA HOAX COVID19, INI PESAN KOMINFO

Beilmin - Semakin mewabahnya virus corona atau coronavirus disease-2019 (COVID-19) di Indonesia membuat banyak sekali hoax atau berita bohong yang beredar di dunia maya. Salah satu yang belakangan ini ada datang mengatasnamakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
Beredar sebuah informasi di media sosial dan aplikasi pesan instan WhatsApp yang mencantunkan website Kementerian Kominfo. Isinya adalah larangan bagi Warga DKI Jakarta keluar rumah pada pukul 14.30 sampai 22.00 WIB menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki. Informasi tersebut juga disertai rincian jalan di kawasan Jakarta yang akan disterilisasi.
Kemudian pada bagian akhir konten informasi tersebut, terdapat tautan https://www.kominfo.go.id sehingga orang mengira bahwa informasi tersebut resmi dari Kementerian Kominfo.
Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu mengatakan, pihaknya mengonfirmasi bahwa informasi yang beredar tersebut adalah berita bohong alias hoax.
"Kementerian Kominfo menyatakan bahwa informasi itu tidak benar atau hoax. Sebab, hingga saat ini tidak ada konten informasi yang dimuat lengkap dalam laman situs kominfo.go.id," tuturnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima umma, Kamis (19/3/2020).
Ferdinandus menyatakan, hingga hari Kamis (19/3/2020), Kementerian Kominfo telah mengidentifikasi 267 hoax berkaitan dengan Covid-19 yang tersebar di platform digital, dan pesan instan.
Oleh karena itu, kata Ferdinandus, pihaknya mengimbau warganet dan seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu melakukan pengecekan ulang ke sumber terpercaya. Untuk kasus virus corona, pemerintah telah menyajikannya melalui laman situs covid19.go.id
"Kementerian Kominfo mengimbau warganet untuk tidak menyebarluaskan informasi hoaks dan tetap menggunakan platform digital, aplikasi pesan instan dan media sosial dengan bijak," pungkasnya.
Sunber : https://umma.id/s/a6VRR3

0 Response to "LEBIH DARI 200 BERITA HOAX COVID19, INI PESAN KOMINFO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel