Berikut Syarat Sekolah Tatap Muka 1 Agustus 2020

Informasiguru_Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sugeng mengatakan sudah menyurati seluruh SMA Negeri se-Kalbar untuk menyiapkan sarana dan prasarana sekolah sebelum sekolah dibuka pada 1 Agustus 2020 sesuai arahan Gubernur Kalbar. 

Ia mengatakan sebelum sekolah dibuka untuk para guru akan di swab oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kalbar yang akan bekerjasama dengan Diskes kabupaten kota. 

“Hari Kamis ini kita akan mulai dari guru SMAN 1 Pontianak berjumlah 104 orang yang akan di swab dan nanti akan menyusul dari sekolah lain,” ujarnya, Rabu (22/7/2020). 

Pelaksanaan Swab akan dilakukan oleh Dinkes Kalbar yang bekerjasama dengan kabupaten kota untuk melakukan swab yang akan dikirim ke Laboratorium Untan. 



“Harapan kita kalau semua gurunya sehat dan bebas sekolah sudah siap dibuka kembali sesuai perintah Gubernur Kalbar, tapi kalau belum siap tinggal menunggu kesiapan dari sekolah tentunya,” jelasnya. 

Selain itu juga harus menunggu hasil swab guru dan diharapkan pada arahan Gubernur Kalbar bahwa sekolah akan dibuka mulai dari SMA kelas XII pada 1 Agustus 2020, sebelum tanggal dibuka swab para guru sudah keluar.

“Swab akan dilakukan untuk guru terlebih dahulu dan nantinya akan dilihat dulu karena jumlah guru di satu sekolah saja banyak dan nanti dilihat mulai dari zona hijau biar tidak menumpuk,” jelasnya. 

Sedangkan terkait rapid test untuk siswa belum ada rapat lebih lanjut. 

Sehingga diutamakan terlebih dahulu untuk para guru yang akan mengajar. 

“Guru harus benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19 karena kalau udah materi tatap tidak mungkin selama berjam-jam guru harus pakai masker saat memberi materi,” jelasnya. 

Sejauh ini terkait data berapa jumlah seluruh guru SMA Se-Kalbar yang akan di rapid test dikatakannya masih belum terkumpul. 

Namun yang sudah masuk yakni jumlah guru dari SMAN 1 Pontianak sebanyak 104 orang. 

“Kalau SMA di kabupaten itu gurunya biasa sampai ke OB-nya dari 75 sampai 85 orang biasanya," tuturnya. 

"Kalau mulai dari zona hijau dulu berarti dari Kayong Utara, Bengkayang, Sekadau, Kota Singkawang, dan Kapuas Hulu, jadi sekitar 400 orang guru untuk daerah zona hijau,” ujarnya. 

Ia menjelaskan akan diutamakan untuk uji coba di SMA Negeri dulu dan berikutnya SMK.

Sementara sekolah swasta akan menyusul. 

Ia mengatakan sarana prasarana terutama untuk pencegahan Covid-19 seperti penyemprotan disinfektan dan pemasangan wastafel dan hand sanitizer juga sabun serta termogan harus sudah disiapkan pihak sekolah. 

Semuanya harus sudah disiapkan dan nanti akan dipilih oleh Gubernur Kalbar selaku Gugus Tugas Penanganan Covid-19, mana sekolah yang sudah siap.


Sumber : TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.
Admin Staf Biasa Yang Menikmati Hidup Sambil Ngeblog

0 Response to "Berikut Syarat Sekolah Tatap Muka 1 Agustus 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel