Kajian Skema segera usai, PNS Bakal Terima Uang Pensiun Lebih Banyak?

Ilustrasi dana pensiun PNS

MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)  Tjahjo Kumolo memberikan pernyataan, pengkajian reformasi program jaminan pensiun dan jaminan hari tua PNS sudah memasuki tahap final. Restorasi ini termasuk pembayaran pensiun PNS dengan skema fully funded. 
 
Lama didiskusikan, skema ini diusulkan menggantikan skema pembayaran pensiun pay as you go ialah skema dana pensiun dari hasil iuran PNS sebesar 4,75 persen dari gaji ditambah dengan dana dari APBN.
 
Sedangkan skema fully funded adalah sistem pembayaran pensiun penuh yang berasal dari iuran antara pemerintah dengan pegawai itu sendiri. Besarannya pun nanti ditentukan dan disesuaikan berdasarkan jumlah gaji PNS setiap bulannya. 
 
Dengan demikian, dengan skema fully funded, diharapkan besaran dana pensiun yang diterima makin banyak. 
 
"Jaminan pensiun sudah mulai kita bahas, sistem pensiun ASN. Yang saat ini RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) tentang gaji dan tunjangan dan RPP tentang jaminan pensiun dan hari tua sedang kita detail, hampir final dengan Menteri Keuangan," tutur Tjahjo saat rapat dengan Komisi II DPR RI, Senin (6/7). 
 
Ia menilai, restorasi ini penting bagi para pensiunan agar kehidupan dan kesejahteraan abdi negara dapat terjamin pada masa tuanya. 
 
"Padahal penting untuk orang pensiun, pensiun supaya nggak kaget itu penting, yang gede (gajinya) tahu-tahu hanya terima Rp 4,2 juta," tegasnya. 
 
Ia bergurau dan mencontohkan gaji Kapolri hingga Panglima TNI yang besar karena memiliki jabatan yang tinggi. akan tetapi, saat pensiun, dana yang mereka terima justru kecil. 
 
"Tapi begitu pensiun, ya, kembali gaji pokok seperti prajurit. Dan saya kira itu juga sedang kita persiapkan dengan baik," tutupnya. 

Sumber: Liputan6.com

0 Response to "Kajian Skema segera usai, PNS Bakal Terima Uang Pensiun Lebih Banyak?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel