Menyempurnakan Kurikulum madrasah





JAKARTA – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) sudah menyempurnakan kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab untuk  Madrasah.Proses penyempurnaan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 183 tahun 2019 tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Kamaruddin Amin selaku Plt Dirjen pendidikan Islam menyebutkan, Keputusan Menteri Agama 183 tahun 2019 tidak mengubah total isi kurikulum sebelumnya yang tertuang dalam KMA 165 tahun 2014. Kurikulum baru ini digunakan mulai tahun ajaran 2020/2021.

“Kurikulum pada KMA 183 Tahun 2019 hanya menyempurnakan beberapa Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD),” tegasnya di Jakarta, ujar komarudin amin sesuai yang dikutip fin.co.id

Kamaruddin melanjutkan, ada beberapa persamaan di antara kedua KMA ini. Pertama, persamaan mata pelajaran. Kurikulum madrasah terdiri atas Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab.

Persamaan kedua ialah, masih mengunakan metode pembelajaran pada Kurikulum Nasional 2013. “Ketiga, menggunakan prinsip penilaian yang berlaku pada kurikulum Nasional 2013 yang akan disempurnakan,” ujarnya.

Kamaruddin juga menyampaikan, penyempurnaan kurikulum antara lain didasarkan pada hasil dari penelitihan Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenag. Puslitbang antara lain menemukan adanya beberapa materi struktur  antar jenjang dan antar kelas yang diperkirakan tumpang tindih.

“Penelitian ini juga menilai perumusan level kompetensi masih terlalu rendah. Temuan lainnya adalah materi Bahasa Arab dinilai cenderung strukturalis,” imbuhnya.

Berdasarkan beberapa temuan tersebut dan hasil kajian umum, Kemenag merasa harus melakukan penyesuaian kurikulum di madrasah untuk memenuhi kebutuhan perkembangan pendidikan abad 21, kebutuhan pembentukan karakter bangsa Indonesia sebagai warga dunia, serta pencapaian visi Indonesia Berdaulat, Maju, dan Makmur adil sentosa.

Kamaruddin juga mengatakan, ada delapan fokus penyempurnaan kurikulum tersebut, pertama terkait tentang penataan kembali distribusi materi yang tumpang tindih antar jenjang dan antar kelas.

“Kedua perumusan level ini kompetensi yang ditingkatkan untuk membekali para peserta didik dengan lebih tinggi dalam berfikir kritis dan inovatif. Sehingga nantinya di level kompetensi MI ditingkatkan hampir 30 % Kompetensi Dasar (KD) berlevel C4, MTs 70 % dan MA 90% level C4 hingga C6,” ujarnya.

lalu fokus ketiga, terkait penataan kesinambungan dan keselarasan perumusan antara lain KD1 Sikap spiritual, KD 2 Sikap Sosial , KD 3 Pengetahuan dan KD 4 Keterampilan.

“Untuk yang keempat penguatan Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada aspek sikap, dan keterampilan beragama dibanding pengetahuan atau kognitif,” katanya.

Kemudia yang kelima, yaitu tentang penguatan Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk menghasilkan keyakinan dan penghargaan siswa dalam membuktikan bahwa Islam adalah agama yang sangat relevan dengan kemajuan kehidupan zaman.

“Kemudian penguatan Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagai pengantar siswa menjadi warga bangsa Indonesia yang hidup dalam keberagaman,” lanjutnya.

Fokus ketujuh, untuk melkukan perubahan pada Materi Bahasa Arab terutama penyempurnaan dalam penyajian dan metode pendekatan yang digunakan sehingga lebih menekankan pada pendekatan fungsional dari pada struktural.

“Terakhir penyempurnaan kedalaman materi kurikulum mata pelajaran PAI pada Madarasah Aliyah Peminatan Keagamaan, serta penggunaan pengantar Bahasa Arab pada pembelajaran PAI dan Bahasa Arab pada MA Program Keagamaan (MAPK),” tegasnya.

“Jadi, penyempurnaan ini juga pada aspek kedalaman materi. Harapannya, siswa semakin memahami ajaran agama dan Bahasa Arab. Keduanya diharapkan bisa menjadi bekal siswa menjadi warga bangsa yang bisa hidup dalam keberagamaan dan tetap kompetitif dalam kemajuan zaman,” lanjutnya.

sumber : fin.co.id


0 Response to "Menyempurnakan Kurikulum madrasah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel