Kemendikbud Upayakan Keringanan Biaya Internet, Rp1000/GB

Informasiguru_KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bernegosiasi dengan perusahaan telekomunikasi untuk memberikan relaksasi biaya internet bagi mahasiswa. Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim telah berbicara langsung dengan pihak Telkomsel agar bersedia menyediakan paket internet dengan biaya murah. 

"Sekarang sudah negosiasi dengan beberapa provider, pertama Telkomsel. Kemarin keliatanya mas Menteri (Nadiem) diskusi dengan Telkomsel dan didapatkan hasil nego, satu gigabyte jadi seribu rupiah, buat mahasiswa," ungkap Sekretaris Ditjen Dikti Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani di kantor Kemendikbud Jakarta, (3/8). 

Selain dengan Telkomsel, Kemendikbud juga tengah bernegosiasi dengan Indosat, namun masih belum dicapai kesepakatan. 

"Ini sudah kita negosiasi, kita rayu lah beberapa provider lagi juga. Ini kan tanggung jawab kita semua. Keliatannya Indosat juga mau,” imbuhnya. 

Paris menuturkan, negosiasi yang diajukan Kemendikbud didasari oleh kebutuhan mahasiswa. Dia memperkirakan, kebutuhan internet mahasiswa untuk kuliah daring dalam sebulan berkisar 10 hingga 20 gigabyte. 



"Itulah kemarin kita mengajukan negosiasi pertama akan memastikan ada potongan 30 gigabyte per bulan. Atau kita minta diskon untuk kuota jam kuliah, jam tujuh pagi sampai dua siang. Ini sedang kita perjuangkan," tuturnya. 

Rencananya, bantuan kuota internet ini akan dibatasi untuk penggunaan aplikasi atau mengakses materi pembelajaran daring dan memblokir aplikasi si luar kepentingan seperti Netflix dan Game sehingga benar-benar dimanfaatkan mahasiswa untuk belajar 

"Mereka menghabiskan kuota internet 30 gigabyte itu juga untuk membuka YouTube, Netflix, dan game. Kita akan menutup chanel yang tidak ada hubungannya dengan mata kuliah kalau memang pakai gratisan,” tandasnya.


Sumber : Media Indonesia

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.
Admin Staf Biasa Yang Menikmati Hidup Sambil Ngeblog

0 Response to "Kemendikbud Upayakan Keringanan Biaya Internet, Rp1000/GB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel