Pulau Dewata Sungguh Menawan Hati (Melancong ke Seribu Pura)

“Sungguh indah di Pulau Bali, Pulau dewata menawan hati
Sayang sayang waktu kupulang.. teringat slalu di pulau itu..”

Pertama mau cerita tentang Bali, yang teringat adalah penggalan lirik lagu anak-anak di atas, hehe kalo yang masa kecilnya bahagia pasti tau deh itu lagu siapa.

Jadi, 1 September 2014 merupakan awal keberangkatan saya dengan rombongan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Budaya, Ilmu Komunikasi. AAA.. ini kali pertamanya saya menginjakan kaki di Pulau Dewata, Indonesia! 
Akhirnya.. kesampean juga. Doa saya taun lalu terkabul. Weheh, setelah dua kali ke Jogja dan ngarep bisa berwisata ke Pulau yang terletak di sebelah Selatan garis khatulistiwa ini, yang katanya memiliki luas wilayah sekitar: panjang 80 km dan lebar 150km, dan Pulau Bali ini bentuknya kalo kita coba lihat di atlas itu menyerupai bentuk ikan.

Bali itu memang menawan hati. Peradaban mencatat pulau tersebut memiliki mikrokosmos luar biasa tentang sejarah, legenda, kesusastraan, seni, alam, dan manusianya itu sendiri.

Pemandangan ciri khas dari Bali sendiri, kita bisa menemukan banyak hamparan sawah yang hijau, hutan yang masih terjaga, dan apalagi kalau bukan ujung pantai-pantai dan danau yang indah, haah.. welcome to Paradise deh!

Saya bersyukur sekali Allah memberikan saya kesempatan untuk menjejaki sebagian kecil surganya Indonesia ini. Keberangkatan saya ke sana, dalam rangka fieldtrip tahunan yang diadakan dari fakultas jurusan, Ilmu Komunikasi. Kalo tahun lalu itu, angkatan di atas saya sih ke Jogja, sedangkan untuk 2014 ini destinasinya ke Bali dan sedikit melipir ke Malioboro dalam perjalanan pulangnya.

Di samping rasa kebahagiaan saya yang sudah bisa mendatangi Pulau Dewata itu, dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya sebagai mahasiswi yang padahal udah bersyukur banget gitu kan ya bisa wisata ke sana, haha ya tapi tetap sedikit potek sih rasanyaa. Karena dari judulnya aja studytour, toh pada kenyataannya lebih banyak wisatanya. Entah pengaruh atau penanganan manajemen yang bagaimana, sehingga agenda ke Universitas Udayana Bali itu jadi dibatalkan. Padahal tadinya ada wacana untuk study banding dengan jurusan komunikasi di sana. Ya apalah daya, yang penting GUE BISA KE BALI!

Sebenarnya sih saya gak sepenuhnya menikmati. Karena emang terlalu capek dan lama di perjalanannya, apalagi harus seharian duduk di bis. Tapi kelelahan gak begitu saya rasakan, berhubung di bis juga hepi hepi lah haha thanks buat bis 5 atas kerjasamanya, terutama anak-anak bagian belakang, yang sukses meramaikan susasana dan mengajak kelas AB bernyanyi haha. Soundtrack sepanjang perjalanan yang saya ingat, lagunya Kangen dari Dewa 19. 

Satu bis itu emang isinya gabungan dari anak AB dan IJ. Walaupun kita gak kenal-kenal banget, tapi terbukti kita bisa hidup berdampingan AHAH. Atau emang anak AB nya aja kaliyaa yang kebanyakan sksd, IJ nya juga welcome ajasih. Jadi yodah deh gabung aja ikutan nimbrung nyanyi nyanyi dari tempat duduk masing-masing. T

api sepertinya saya memang harus bisa banyak bertoleransi dengan warga belakang, yang kebanyakan mereka mencemarkan asap rokok =_= kalo udah kayak gitu, senjata ampuh saya itu masker dan minyak angin fresh care aroma teraphy cherry yang dioleskan ke hidung atau di permukaan maskernya itu. Hihi lumayan jadi trend baru, tetangga kanan kiri saya di seat khusus 3 orang pun mengikuti cara saya ini.

Hari ke dua sebelum kami tiba di Hotel, kami menginjaki Pantai Tanah Lot, sekalian sarapan pagi di salah satu tempat pusat perbelajaan oleh-oleh. Jadi ada semacam aula yang disediakan, hasil kerjasama dengan ketringnya sih keknya. Setelahnya kita diberi waktu bebas untuk foto-foto di sekitaran pantai. Sangat disayangkan dengan waktu yang terbatas, saya gak kesampean masuk ke Pure nya.

Salam Tempel Dari Tanah Lot . . .



Perjalanan ke Bali itu menempuh sekitar dua hari lebih setengah hari, hari ke tiga tengah malem berooh.. kita nyebrangin selat dari pelabuhan Gili Manuk ketapang, Banyuwangi. Chek in di hotel itu sekitar jam 5 sore. Walaupun gak langsung masuk kamar sih, ada acara bla blanya dulu terutama pembagian dan penempatan hotel, karena tempat penginapan dibagi menjadi dua. Jadi beres-beres barang bawaan ke kamar itu baru jam 7an nya [WIB] waktu di sana sama di sini sih memang beda satu jam. Jadi jet lag nya itu berasa. *HAHA noraknya baru mengalami yang namanya jet lag sesungguhnya.

Malam pertama di hotel [yang sebenernya lebih mirip sama kosan berbentuk rumah susun], tapi tetap nyaman lah yaa standar dari fasilitas sih ada tv, lemari, kamar mandi, double spring bed. Selesai merapikan ini itu, saya dan dua orang teman yang kebetulah sekamar kami hanya tiga orang, karena di kamar lain bisa sampai 4 atau 5, mulai browsing seputar tugas yang diberikan.

Niat awalnya sih gitu, haha tapi malah banyak cerita, tv dinyalain pun dibiarkan berkicau sendiri. Saya lihat ke luar kamar, memang masih pada rame sih, mondar-mandir mampir ke kamar sana sini, ada yang masih gegitaran dan nyanyi-nyanyi di kamar sebrang atas, dan ada juga tetangga yang usil haha. Kamar saya jadi korbannya.

Dua orang teman saya kebetulah saya larang keluar, haha alias udeh kayak emak-emak yang ngeremin anaknya ngelarang main malem wkwk. Alhasil Nur salah satu teman saya pun Cuma bisa ngintip mupeng dari kaca kamar haha. Sampai seketika, datanglah itu tiga anak dari kamar sebelah, rame rame rusuh banget ngintip-ngintip bukain gordeng kaca kamar saya, mereka jail banget sampe ketawa-ketawa bercanda. Niatan mereka sih pengen banget masuk, tapi saya larang karena repot harus nampung tamu haha mana baru aja sampe yakan, butuh istirahat santailah.

Terus mereka gak terima, yang akhirnya menyebabkan mereka usil. Saya bertiga dikunciin dalem kamar! Ya dan ternyata dari awal buka kunci pintu terus masuk kamar, itu kuncinya belum kami ambil dari tempat bersangkutnya. Alhasil kita sukses dijadikan korban penguncian kamar, sampai dua teman saya itu teriak-teriak minta dibukain pintu dan gedor-gedor kaca, haha bercanda sih emang. Akhirnya dibukain juga deh tuh, dan mereka saling kejar-kejaran udeh kaya tetangga kosan nyolong makanan. Saya males keluar, jadi cuma diem aje di kamar sendirian sambil nyemil snack yang dibawa sebagai bekal.

Day 1


 

Sebenarnya saya agak sedikit amnesia sama urutan tempat yang dikunjungi haha, mungkin terlalu banyak tempat ya, kalo gak salah perjalanan hari pertama setelah cek in di hotel, yang kita tuju yaitu Jogger, Pabrik Kata-kata yang cuma ada di Bali. Isinya sih ya baju-baju dan pernak pernik khas Bali lainnya. Buat yang suka foto-foto, di halaman luar Jogger itu ada semacam kreasi grafiti di tembok. Lumayan menarik dan bagus buat kalian jadikan DP atau avatar hahah. Saya juga foto banyak di sana, tapi kayaknya gak perlu saya post deh haha entar ngeksis lagi.

Setelah Jogger, kami pun melaksanakan kunjungan perusahaan terkait mata kuliah Manajemen Komunikasi, yakni Krisna Foundation, pusat oleh-oleh terbesar di Bali. Banyak cabangnya juga ada 5 kalo gak salah. Di sana saya dan faddly teman satu bis sibuk pdkt sama mbok Sri salah seorang pegawai di konveksi Krisna. Eeh gak taunya udah selesai tanya-tanya, di atas semua rombongan udah pada duduk ngumpul mendengarkan ceramah dari dua penanggung jawab dari tim Krisnanya. Yauda deh ngerasa ketinggalan banyak kayaknya langsung aja dipersilakan gabung sama PM, ketua prodi komunikasi.

Bis 5 dapet tourguide yang doyan buangeet ngetroll ! heleh, capek rasanya dengerin si Bli ngobrol, kadang kebanyakan PHP nya daripada lucunya akakakak~
Bli Wayan namanya. Beliau sedikit menceritakan budaya di Bali, mulai dari tradisi potong gigi yang wajib hukumnya ibarat umat Islam itu Zakat fitrah. Potong gigi atau Mepandes, yaitu mengikis gigi bagian atas yang berbentuk taring, tujuannya untuk mengurangi sisi buruk dalam diri manusianya.

Terus ada lagi silsilah nama orang Bali dari anak pertama, yang disebut WAYAN. Diambil dari kata wayahan yang artinya tertua. Selain Wayan menurut hasil riset saya juga istilah untuk anak pertama ini bisa juga digunakan Putu atau Gede, biasanya pada orang Bali belahan utara dan barat, sedangkan Timur dan Selatan lebih memilih nama Wayan. Untuk anak perempuan biasanya ditambahkan kata “Luh”, misalnya nih yaaa :
“Ni Luh Putu Kartika Diyan atau bisa juga Ni Wayan Kartika Diyan” HAHAH – SEKIP :P

Itu yang tadi baru anak pertama, masih ada lagi anak ke dua yang dapet sebutan nama MADE, yaitu dari kata Madya [tengah]. Ada juga yang menggunakan nama NENGAH atau KADEK yang merupakan serapan dari ADI, kemudian jadi ADEK yang maknanya utama, atau adik. Contoh yeee.. :
“I Kadek Mahardika atau Ni Made Nurhasanah” – Haha ini nama yang saya gunakan bukan dari asli orang Bali karena hanya contoh yakaan jadi seadanya ajalah

Lanjut yang ke tiga. Biasanya diberikan nama depan NYOMAN atau KOMANG yang katanya diambil dari kata NYEMAN [lebih tawar] diambil dari perbandingan lapisan kulit terluar pohon pisang yang rasanya cukup tawar. Berasal dari serapan “ANOM   +AN” yang maknanya muda. Kemudian berkembang jadi KOMANG, secara etimologis dari kata UMAN yang maknanya SISA atau AKHIR. Jadi buat orang Bali Tiga anak saja sudah cukup haha sisanya ya akibat Bapak mendekati Ibu *Loh

Terus yang ke empat, diawali dengan sebutan KETUT – NGETUT yang maknanya mengikuti atau mengekor. Jadi katanya, mendasari program KB oleh pemerintah nih ya, bisa jadi nama KETUT ini terancam punah. Dan seterusnya untuk anak ke lima enam tujuh, orang Bali menggunakan nama depan mengulang kembali sesuai urutannya. Hasil riset juga sih, biasanya pada nama ditambahkan dengan kata BALIK, untuk anak ke lima, yang artinya anak setelah putaran 1-4. Jadi bisa kita pakai pada nama : “ I Wayan Balik Sudarta”

Oya FYI, kata Bli Wayan, istilah nama depan I untuk lelaki itu berasal dari simbol Kris, sedangkan Ni yang digunakan untuk perempuan serapan dari kata NINI. Untuk istilah nama di Bali juga ada pengaruh dari kasta, tapi gak tau deh sekarang kasta sendiri masih berlaku gak ya di Bali? Jadi gak semuanya menggunakan kata I atau Ni, misalnya dari golongan anak Agung akan diawali dengan kata “Anak Agung”, “Cokroda”, dll.

Setiap lelaki Bali yang ditemui pasti disapa dengan sebutan “Bli”, terlepas dari salah atau benar, katanya sih orang Bali gak mempermasalahkan, mereka cenderung berusaha menghargai setiap pengunjung yang berusaha menghormati. Sedangkan “Mbok” diberikan untuk sapaan wanita Bali, “Adik” atau “Adi” diberikan pada wanita atau pria yang lebih muda. Ada juga panggilan untuk yang remaja atau belum menikah, biasanya “GUS” untuk laki-laki yang bersumber dari BAGUS artinya Tampan. Sedangkan untuk wanita yaitu “GEK” singkatan dari JEGEG yang artinya cantik, ayu.

Oke itu sekilas tentang nama orang Bali yang diceritakan Bli Wayan, selebihnya sih saya tambahin sendiri hehe. Sehabis kunjungan perusahaan, kita lanjut ke Bedugul. Di sana itu ada Pura [Pureu] yang tepatnya saya gak diperbolehkan masuk, ternyata orang yang berhalangan dilarang memasuki kawasan tersebut, dan yap saya kebetulan sedang kedatangan tamu huehe jadi ya sayang banget gak bisa masuk. Well tapi tetep bisa menikmati panorama di luar Pura nya. Itu ada danau dan wisata airnya. Saya sempat berpisah dengan empat orang teman, dikarenakan beda jalur masuk. Sehingga saya harus melewati jalan dari samping Pura ke taman belakangnya, dan jepret sana sini. Terus setelah iseng jalan sendirian, akhirnya saya ketemu dengan dua orang cewek dan cowok teman saya itu. 


 *Samping Bedugul, Danau Berantan*





Kami juga sempat berfoto dengan dua orang turis asing mbak sama mas siapa ya gatau deh haha ini berhubung Johnatan yang kebelet foto. Padahal kami sih gak pengen-pengen banget. Sebelum kami foto bareng juga, Jo udah langsung minta difoto khusus bareng itu bule, HAHA setelah itu baru deh kami foto bareng. Dan kata Faddly, setelah bule itu berjalan pergi doi sempet ngedumel dengan tingkah awalnya Jo yang antusias banget wkw ampe nyerobot gitu yakan mo foto doang haha. Ya gitu lah, saya juga sempet heran sih yaa, itu bule kalo di negaranya mah yaa biasa aja tapi di Indonesia doi bakal ngerasain jadi artis dadakan HH~

Lelah potret sana sini, saya sama faddly tertarik banget buat naik speedboat. Hooh tapi dua orang dari kami menolaknya, yah potek dikit sih, tapi gapapa juga. Berhubung gak ada kerjaan, daripada mupeng liatin orang yang ngantri naik speedboat, kami berjalan menuju taman. Di sana banyak permainan anak-anak macem taman bermain haha. Ada ayunan, jungkat-jungkit, dan ring berputar haha gatau deh namanya apa ya. Kebetulan di situ kami bertemu dengan teman sebis lainnya, mereka pun gabung naik ayunan yang ada di taman.
 Mataharinya ngejreeng banget ini.. 




Karena saya gak kebagian tempat, yauda deh jadinya gabung sama Jo dan Ope yang ada di ayunan bawah. Lumayan menghilangkan penat, dan di situ juga saya sempat berkenalan dan ngobrol dikit sama anak perempuan kisaran 5 tahunan, namanya Jihan. Katanya sih Bapaknya kerja di rumah makan sekitaran situ, dia bilang bukan orang Bali, tapi orang Islam, haha. Ya judulnya sih karena tinggal di Bali ya orang Bali, tapi agamanya Islam, eh gatau deng bisa aja dia perantau yang menetap di Bali, hihi. Sesibuknya Jo sama Ope yang berantem gegera Ope gamau diajak foto mesra bareng, akhirnya saya ngajak ngobrol ade Jihan ini di ayunan, saya kasih dia permen. *HAHA untung gue gapunya tampang kriminal.

Sebenernya saya gak punya fotonya, HH tapi kemarin gak taunya ada yang ngirimin beberapa foto ke email saya, huahah ngerasa kecolongan banget. Yang ini sih candidnya asli gak bilang bilang :p



  
Day 2

Wisata hari ke dua ini akan dimulai dari Tanjung Benoa. Di sana emang ngapain ajasih? Di sana kita bisa naik banana boat, parasailing, atau option lainnya ke Turtle Island (Pulau Penyu). Tiba di tempat, kami langsung disapa dengan tawaran pegawainya yang berseragam hijau. Untuk naik banana boat atau mengunjungi pulau penyu, itu harus rombongan, alias ngumpulin orang sampai 10 itu kalo ke Pulau Penyu. Kalo Banana Boat bisa 4 atau 5 orang deh kalo gak salah, ada pendampingnya juga.

Saya dan yang lainnya lebih pilih simpel, kami memutuskan untuk ke Pulau Penyu saja. Menggunakan kapal laut kami pun menyebrangi pulau. Ditemani oleh sang penyetir ulung HAHA yang saya gak tau namanya, yang jelas dia bukan asli orang Bali melainkan Jawa Barat. Pantes aja tampang sama bahasanya jauh banget gak ada unsur Bali nya haha. Sepanjang jalan, di kapal juga udah disediakan potongan roti, jadi kita boleh ngasih makan ikan-ikan nya yang ada di laut. Oya kocek yang diperlukan untuk bisa sampai menyebrangi pulau yaitu 50 ribu, sedangkan tiket masuk di penangkarannya seharga 5 ribu. Yaaaya ini sebagian hasil jepretan di Turtle Island








Perjalanan gak berhenti sampai di situ, rombongan mulai beralih dan menempuh perjalanan lagi menuju PANTAI KUTA ! [Kuteu]. Rencana menikmati sunsetnya, tapi sampai sana sepertinya saya gak mendapati sunset sempurna. Karena cuaca sore itu mendung juga, singkat banget suasana senjanya dan gak begitu seru. Kayaknya saya dan yang lain terlalu sibuk foto di satu tempat aja, gak jalan ke tempat lainnya, terus gak menelusuri jalanan dekat Kuta juga. Jadi saya kira kurang merasakan kesenangannya di sana. Tapi gimanapun juga kalo rame bareng temen-temen ya rasanya tetep gak ngebosenin. Lumayanlah dapet beberapa jepretan amatir, wkw.


Day 3
YAK! Sodara sodara, nampaknya wisata Bali kami akan segera berakhir. Jadi hari Jumat lalu, 5 September 2014, menjadi kunjungan wisata terakhir di sana. Agenda penutup itu kami akan diantarkan bis untuk menyaksikan tarian Barong. Tempat pertunjukannya ada di daerah Denpasar. Untuk rekamannya sih sayang saya gak punya, dan gak niat untuk merekamnya, karena saya ingin lebih menikmati pertunjukkan itu dengan santai. Usai itu, penonton diperbolehkan untuk berfoto dengan para pemain, dan foto ini sih sebenarnya gratis, hanya sekedarnya aja diminta uang saweran. Saya foto dengan pemain gamelannya, dan para talent nya. Ngeksis bareng om Barong juga, sampe-sampe dimodusin HOHO, jadi ekspresi muka saya nyaris gak kontrol.
                                                







Sekeluarnya dari arena, saya menemukan kembali Ibu-ibu penjaja aksesoris. Nama kerennya itu Udeng,  Penghias kepala khas Bali yang biasa dipakai oleh Laki-laki. Tapi karena saya anti mainstream jadi saya harus beli itu topi BALI! HAHA sebutan aneh dari saya, abis awalnya bingung mau menamainya apa.

Next, mampir sebentar 30 menit di Pantai yang harusnya paling eksis dari Bali, yaitu Pantai Sanur. Di sana kami juga dapat beberapa hasil jepretan.

Oke, jadi tempat oleh-oleh terakhir yang dikunjungi yakni Cening Bagus. Disana tempat kami sekalian makan siang. Sempet mupeng kepengen lukisan, tapi ribet bawaan jadinya gak jadi beli deh haha *sepik aje dolooo~ ini beberapa gambaran di lokasi :





 





Ya itu tadi cerita seputar Bali dalam 2 Hari. Perjalanan yang kami tempuh berangkat dan pulang, totalnya 7 hari. Hari ke enam pun kami kembali menyebrangi Gili Manuk dengan fery. Wah sempet ada tragedi yang bikin panik juga tuh pas pulang, ada mas-mas mabuk macem preman yang malakin Pipis [dalam bahasa Indonesia artinya uang]. Kami yang kebetulan dapat tempat duduk di luar, sempat migrasi beberapa menit ke dalam. Berhubung saya gak bisa diri dalam kapal, efeknya bikin oleng dan bisa mabuk, jadi saya beserta yang lain kembali menempati tempat duduk yang di luar.

Dan.... tujuh hari berlalu, sekotak cerita dengan bungkusan hasil jepretan kegiatan saya dengan beberapa teman selama di sana. Dalam perjalanan pulang, Bis 5 udeh siap nyanyi-nyanyi lageee~ HAHA hari terakhir dosen pembimbing kami pun sempat gabung ke belakang request lagu Pelangi di Matamu, huehe.

“SEMUA KATA RINDUMU SEMAKIN MEMBUATKU TAK BERDAYA
MENAHAN RASA INGIN JUMPAA...
PERCAYALAH PADAKU, AKUPUN RINDU KAMU,
KU AKAN PULAANG.. MELEPAS SEMUA KERINDUAN,
YANG TERPENDAAM...”  

*Kalo kamu ke Bali jangan lupa cobain nasi bungkus khas Bali namanya Nasi Jenggo, dijamin bikin nagih!

0 Response to "Pulau Dewata Sungguh Menawan Hati (Melancong ke Seribu Pura)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel