Kemenkes Ujicoba Modul P2K2 di Desa Grinting

Brebes-Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melakukan ujicoba modul Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba. Diikuti sebanyak 30 orang, unsur Ibu ketua kelompok Penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) berasal dari 6 Desa yaitu Grinting, Bulakamba, Bulusari, Karangsari, Cimohong, dan Kluwut. Acara dilaksanakan selama 2 hari (9-10 April 2015) kemarin.
Kemenkes melatih Ketua Kelompok Ibu Penerima PKH 

P2K2 merupakan kegiatan belajar bagi ibu-ibu PKH yang didalamnya ada materi pengetahuan gizi dan kesehatan, seperti pentingnya 1000hari pertama kehidupan, gizi ibu hamil, pelayanan ibu hamil, persalinan dan masa nifas, air susu ibu (ASI), Makanan Pendamping ASI (MP-ASI), BAB dijamban dan Cuci tangan pakai sabun, kesakitan pada anak.


Kasubid Bina Gizi Makro Kemenkes RI Iip Syaefull menyatakan, proses belajar ini menyenangkan, melalui p2k2 pendamping perlu di bantu oleh ketua kelompok, karena peran ketua kelompok disini untuk membantu pendamping dalam proses belajar mengajar, mendorong anggota kelompok untuk mempertahankan perilaku hidup bersih dan sehat, dan mengingatkan anggota kelompok mematuhi kewajiban sebagai peserta PKH.
" Ujicoba modul ini dilaksanakan di Brebes karena di Brebes nantinya di 35 desa (5 Kecamatan) akan di berikan pelatihan kepada semua ketua kelompok PKH, " imbuhnya.


Fasilitator modul ini di pandu oleh oleh Risang Rimbatmaja dan Maulana dari Fasilitator P2K2 Nasional. Hadir dalam kesempatan ini dari Kemensos, Unicef Jakarta, Koordinator Kabupaten PKH Brebes, Pendamping PKH, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Tenaga kerja dan Transimgrasi Kab. Brebes.
Salah satu peserta p2k2 ibu puji, " sangat senang dengan proses belajar mengajar 2 hari ini, karena dapat ilmu banyak dan nantinya bisa membantu pendamping PKH dan memantau anggota  yang didampingi, " tandasnya.(Bahrul Ulum)

0 Response to "Kemenkes Ujicoba Modul P2K2 di Desa Grinting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel