Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil

Penyuluhan Ibu Hamil oleh dr. Sigit Laksmana, Sp.OG
LARANGAN-Forum Warga Sehat Kecamatan Larangan bekerjasama dengan Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Brebes, mengadakan Penyuluhan Ibu Hamil dan Ibu Menyusui di Dusun Temukrep, Desa Larangan, Kecamatan Larangan. Bertempat di PAUD Amal Sholeh, hadir sebanyak 30 ibu hamil dan menyusui. Narasumber yang di hadirkan dokter spesialis kandungan dan kebidanan dr. Sigit Laksmana, Sp.OG, dan Mubaligh ASI Eksklusif Dunarso,  Minggu (26/4).

Sigit Laksmana menuturkan, menyiapkan kehamilan tidak hanya sekedar mental saja, akan tetapi kebutuhan vitamin penting harus diperhatikan, salah satunya adalah asam folat atau vitamin B9.

" Asam Folat sangat penting bagi ibu hamil,   karena akan berfungsi pada perkembangan otak janin dan mengurangi resiko bayi yang lahir cacat, bagus lagi saat sebelum hamil kebutuhan asam folat tercukupi, yakni masa prenaral atau sebelum 3 bulan sebelum hamil, " ujarnya.

Menurutnya, Kebutuhan asam folat memiliki porsi harian yang berbeda. Ibu hamil membutuhkan 600 mcg setiap hari berbeda dengan wanita dewasa yang hanya membutuhkan 400 mcg sedangkan ibu yang sedang menyusui membutuhkan asam folat sebesar 500 mcg setiap harinya.

Buah yang mengandung  asam folat seperti Alpukat, Pepaya, Jeruk. Untuk sayuran  yakni sayuran hijau seperti Bayam, kangkung, Jagung, termasuk Kentang.  Sedangkan makanan lain bisa Roti dan Sereal,  Biji Bunga Matahari, juga ada di daging, telor, dan ikan.

Salah satu peserta Maftukhah, acara seperti ini harusnya ada di semua desa, bagi saya merasa senang hadirnya pak dokter, banyak pengetahuan yang di dapat, termasuk mengetahui pentingnya asam folat, ibu bisa mengetahui kapan masa persalinan, dan mengetahui seputar mitos atau ritual ayang harus dihindari. (Bahrul Ulum)

0 Response to "Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel