1 Juta Orang Langsung Berhenti Merokok Setelah Membaca Ini

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian nomor 1 di dunia karena di dalam rokok mengandung berbagai zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan para perokok aktif maupun pasif dan banyak cerita seputar bahaya rokok yang telah beredar di masyarakat yang dapat mengakibatkan 1 Juta orang langsung berhenti merokok setelah membaca ini. Benarkah? Apa saja cerita-cerita tersebut?



Alasan Harus Berhenti Merokok dan Mengapa Orang Segan Berhenti Merokok


Rokok mengandung beberapa zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti nikotin dan tar. Banyak peringatan yang menggambarkan betapa bahayanya rokok bagi perokok aktif maupun perokok pasif, namun peringatan tersebut ternyata tidak banyak berpengaruh terhadap tingginya angka perokok dinegara ini.

Relakah mati demi sebatang rokok? banyak perokok aktif yang berpendapat bahwa jika mereka tidak merokok maka dapat mengurangi umur mereka karena salah satu kebahagiannya mereka akan berkurang sehingga dapat berdampak pada kesehatan hingga menyebabkan kematian. Benarkah itu? itu merupakan alasan konyol yang sering dilontarkan oleh para pecinta rokok agar dirinya tetap bisa menikmati asap rokok, padahal sebagian besar dari mereka telah mengetahui bagaimana bahayanya menghisap sebatang rokok dan ternyata mereka rela mati demi sebatang rokok.

Alasan lain yang sering dilontarkan oleh para pecinta rokok adalah jika di dunia ini banyak yang berhenti merokok maka bagaimana nasib petani tembakau dan tentunya perekonomian akan semakin melemah karena produksi rokok merupakan penyumbang dana terbesar dalam anggaran negara. Memang banyak alasan bukan?

Ada sebuah cerita perdebatan tentang rokok antara seorang guru dengan seorang syeikh yang membuat banyak orang langsung berhenti merokok setelah membaca ini. Bagaimanakah ceritanya?

Pada suatu ketika datanglah seorang guru kepada syeikh dan dia menanyakan perihal hukum merokok dan menurutnya rokok itu termasuk barang yang tidak haram karena tidak ada dalil yang mengharamkannya. Syeikh itu lalu tersenyum dan menjelaskan bahwa semua yang ada didunia ini sudah diatur dalam Al-Qur’an, begitupun hukum dalam merokok. Dalam QS. Al-A’raf telah dijelaskan bahwa segala sesuatu yang bernilai baik merupakan halal bagi manusia dan sesuatu yang mengandung kemudharatan merupakan haram bagi manusia.

Syeikh itu kemudian bertanya balik kepada guru tersebut apakah ada dalil yang menyebutkan bahwa apel, jeruk, dan pisang merupakan barang yang halal. Guru menjelaskan bahwa memang tidak ada dalil yang menyebutkan secara langsung bahwa ketiga buah tersebut adalah halal, namun ketiga buah tersebut merupakan barang yang bernilai baik dan tidak menimbulkan kemudharatan. Menurutnya hal ini juga sama halnya dengan rokok karena rokok merupakan barang yang bernilai baik dan dapat menimbulkan kesenangan bagi perokoknya.

Mendengar jawaban itu, syeikh hanya tersenyum lagi kemudian menanyakan kepada guru tersebut apakah dia memiliki seorang anak dan istri. Guru tersebut mengangguk dengan pasti, kemudian syeikh kembali bertanya kepada guru tersebut jika seandainya dia melihat anak dan istrinya merokok apa yang akan dilakukannya?. Guru tersebut dengan cepat menjawab akan melarang mereka merokok, mengapa demikian? Karena rokok dapat membahayakan kesehatan anak dan istrinya, sehingga rokok merupakan barang yang mengandung kemudharatan bagi manusia.

Mendengar jawaban itu, syeikh hanya tersenyum dan mengangguk-anggukan kepalanya. Guru yang telah bertanya kepadanya akhirnya menyadari apa alasan yang mendasari diharamkannya rokok dan akhirnya dia membuang sebungkus rokok yang ada dalam sakunya.

Itulah sepenggal cerita seputar rokok dan telah banyak orang yang berhenti merokok setelah membaca cerita itu. Lalu bagaimanakah cara belajar berhenti merokok? Berikut cara mudah berhenti merokok:

1. Minum air putih lebih banyak
2. Menyibukkan diri
3. Menggunakan tempat yang bebas rokok
4. Menguatkan diri dan bertekad bulat
5. Meminta bantuan teman dan keluarga
6. Mengganti rokok dengan barang lainnya seperti permen
7. Memperbanyak istirahat dan tidur

Itulah beberapa cara untuk berhenti merokok dan cerita seputar rokok yang dapat mengakibatkan 1.000.000 orang langsung berhenti merokok setelah membaca ini.

( Dikutip dari viva.co.id )

0 Response to "1 Juta Orang Langsung Berhenti Merokok Setelah Membaca Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel