perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan Finlandia




vs



Sistem pendidikan di Finlandia :
  1. Finlandia mewajibkan rakyatnya untuk mempelajari Bahasa Inggris dan wajib membaca buku setiap minggu.
  2. Finlandia memberi pendidikan gratis kepada rakyatnya sejak Taman Kanak-kanak sampai jenjang uni
  3. Finlandia mewajibkan belajar pada usia 7-14 tahun.
  4. Finlandia menyediakan fasilitas guru pendamping kepada anak-anak yang lamban dalam berpikir dan memberikan bimbingan privat kepada mereka.
  5. Finlandia mewajibkan guru melaporkan evaluasi belajar setiap siswa.
  6. Finlandia sangat memperhatikan pendidikan di sekolah dasar. Karena di masa sekolah dasar siswa terletak pada posisi yang sangat cemerlang.
  7. Finlandia menyediakan fasilitas gratis untuk semua pembelajaran.
  8. Finlandia tidak pernah segan untuk mengeluarkan dana untuk meningkatkan mutu belajar.
  9. Masyarakat miskin atau kaya. Semua mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan sampai mereka meraih cita-cita.
  10. Finlandia memberi fasilitas gratis berupa makan dan minum di sekolah dan transportasi menuju ke sekolah.

Sistem pendidikan di Indonesia :
  1. Sistem pendidikan di Indonesia terdapat banyak evaluasi tes yang memberatkan siswanya, dari ulangan harian, ujian kenaikan kelas, ujian nasional dan lain-lain. Berbeda dengan Finlandia yang meminimalisir evaluasi tes.
  2. Sistem pendidikan di Indonesia memiliki KKM yang menyebabkan siswanya banyak yang tinggal kelas karena tidak bisa mencapai KKM yang disyaratkan. Jika di Finlandia, guru akan membimbing anaknya yang tertinggal agar bisa naik kelas. Jadi tidak akan ada yang tertinggal.
  3. PR merupakan hal yang wajar di Indonesia. Guru menganggap PR merupakan sesuatu hal yang penting diberikan agar melatih disiplin siswa. Namun jika di Finlandia guru tidak memberikan beban pekerjaan rumah untuk siswanya. Minimal hanya menyita waktu 30 menit di rumah.
  4. Guru di Indonesia rata-rata berpendidikan S1. Jika di Finlandia semua S2.
  5. Indonesia masih menerima pengajar berjenjang S1 yang memiliki nilai pas-pasan. Namun di Finlandia hanya guru-guru yang memiliki prestasi terbaik yang diperbolehkan untuk mengajar.
  6. Indonesia memiliki standar kompetensi atau RPP yang harus ditaati oleh guru sebagai acuan pembelajaran. Berbeda dengan Finlandia yang membebaskan semua guru untuk memberikan cara pengajaran sesuai dengan pertimbangan mereka.
  7. Proses belajar mengajar di Indonesia jarang menggunakan sistem belajar yang menyenangkan. Lebih sering membuat suasana belajar yang serius dan tegang. Berbeda dengan Finlandia yang membuat suasana belajar yang menyenangkan namun materi tetap tersampaikan dengan baik.
  8. Pelajaran Bahasa Inggris di Finlandia sudah dimulai sejak kelas 3 SD.
  9. Jumlah hari sekolah di Indonesia sangatlah banyak yaitu mencapai 220 hari dalam satu tahun. Berbeda dengan Finlandia yang hanya memakan 190 hari dalam satu tahun. Indonesia masih menganggap jika lebih sering masuk sekolah maka anak akan makin pintar.


Semoga bermanfaat :)





0 Response to "perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan Finlandia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel