MENDIKBUD: Siswa SMA Bisa Memilih Mata Pelajaran UN , Berikut Penjelasanya

Informasi Guru Nasional ---- Assalamualaikum wr.wb ................. Selamat pagi rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, malam ini kami akan membagikan informasi mengenai Ujian Nasional, berikut informasi selengkanya .

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengeluarkan surat edaran terkait dengan Ujian Nasional 2017 yang menyebutkan, khusus untuk siswa SMA, mereka dapat memilih sendiri salah satu mata pelajaran yang diujikan di UN. Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan alasan pemberlakuan aturan baru ini.
Mendikbud Muhadjir Effendy
"Oh ya, itu jadi, agar mata pelajaran itu, materi ujiannya bisa lebih dalam karena keterbatasan waktu untuk ujian. Sehingga nanti kalau peserta banyak yang milih kemudian pilihannya itu materinya karena hanya satu--tidak ketiganya--itu kan menjadi lebih dalam," ujar Muhadjir di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Selain itu, UN tak berkaitan dengan lulus-tidaknya seorang siswa. Menurut Muhadjir, UN hanya untuk mengetahui seberapa dalam seorang siswa menguasai materi yang diajarkan di sekolah sekaligus sebagai bahan evaluasi Kemdikbud.

"(Siswa bisa memilih mata pelajaran untuk UN) biar mereka sudah mulai memfokuskan pada peminatan tertentu dan UN itu untuk pemetaan, bukan ada kaitannya dengan lulus-tidak lulusnya mereka. Kita ingin tahu kedalaman dan keluasan dari materi-materi (yang diujikan) itu yang itu memang jadi materi pokok yang akan sedang kita benahi," jelasnya.

Muhadjir menambahkan, dengan siswa memilih salah satu mata pelajaran yang diujikan, pendalaman materi akan lebih dapat diukur. Jika secara teknis langkah tersebut tak mengganggu proses UN, siswa

"Nanti kedalaman dan keluasannya (penguasaan materi) bisa tercapai dalam kita memetakan, dalam pemetaannya itu. Secara agregat, itu keluasannya lebih tercapai tapi, karena per individu buat pilihan, maka kedalaman materi bisa tercapai juga," jelasnya.

"Intinya, pada dasarnya kalau itu tidak secara teknis tidak terlalu terganggu, setiap siswa diperbolehkan. Ya, untuk SMA," tambahnya.

Muhadjir tak mempermasalahkan jika suatu waktu protes dari perguruan tinggi (PT) bermunculan terkait dengan kebijakan tersebut. Menurutnya, UN bukanlah sebuah landasan bagi PT untuk menyeleksi mahasiswa karena sudah memiliki ujian masuk tersendiri.

"Pada dasarnya, UN ini tidak harus pada dasar perguruan tinggi. Kalau mau percaya atau tidak, silakan, karena PT punya tes sendiri juga mereka. Kecuali kalau PT sepakat tidak melakukan tes dan dasarnya UN, baru kita bicara agak serius. Kenyataannya, PT enggak pakai kan? Dan itu hak mereka, kita sangat menghormati," bebernya.

"Karena PT punya standar sendiri dan lebih otonom PT itu. Masing-masing menjaga branding-nya kan, kita sangat menghormati itu," pungkasnya. 

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Siswa SMA Bisa Pilih Mata Pelajaran UN Agar Fokus , yang kami lansir dari detik, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, silahkan simak informasi bermanfaat lainya di bawah ini .

0 Response to "MENDIKBUD: Siswa SMA Bisa Memilih Mata Pelajaran UN , Berikut Penjelasanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel