Kenapa Bintang Tampak Berkedip-kedip di Malam Hari? Yuk Cari Tahu Jawabannya disini

Bintang di langit pada malam hari yang cerah sering kita lihat tampak berkedip-kedip.



Apa sebenarnya yang membuat bintang tampak berkedip-kedip?
Bintang ialah salah satu benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Menurut penjelasan ilmiah, bintang terbentuk dari awan gas panas yang dihasilkan saat alam semesta terbentuk. Akibat gravitasi menarik ke arah dalam dan menjadikannya bola besar.

Warna pada bintang beragam, tergantung dari suhunya. Atom gas panas dalam bintang mengeluarkan partikel-partikel cahaya yang biasa disebut dengan foton. Semakin panas gas, semakin tinggi energi foton dan semakin pendek pula panjang gelombang cahayanya.
Bintang paling panas dan paling muda akan mengeluarkan cahaya putih kebiruan. Sedangkan bintang tua yang mulai mendingin biasanya mengeluarkan cahaya merah. Dan bintang setengah baya, seperti matahari kita, bersinar kuning.

Lapisan atmosfer yang yang terdiri dari berbagai gas melapisi bumi kita. Ketika atmosfer kita dimasuki cahaya bintang, udara akan membiaskan cahaya tersebut dengan tingkat yang berbeda, tergantung dari kerapatannya. Perubahan intensitas inilah yang membuat bintang yang kita lihat tampak berkedip-kedip atau kelap-kelip.

0 Response to "Kenapa Bintang Tampak Berkedip-kedip di Malam Hari? Yuk Cari Tahu Jawabannya disini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel