Tips menyelesaikan skripsi tepat waktu

Ah, long time no see. Assalamu'alaykum teman-teman.
Mimin balik lagi nih, kemaren" sibuk sama tugas negara ehehe.

Min, masuk masa-masa skripsweet apa yg harus dipersiapkan ? Biar ga molor nih min.

Jadi gini yaa pembaca yang budiman, perlu diketahui molor atau engga sebenernya ada ditangan kita. Tapi itu pilihan sih, kalo kamu termasuk orang yang santuy dan ga masalahin soal timing ya santuy aja. Orang tipe santuy ini yakin dengan slogan "tiap orang punya timingnya masing-masing" hehe. Tapi kalo boleh mimin kasih saran nih yaa, santuy boleh tapi dalam artian tidak tergesa-gesa dan keep calm, bukan santuy sesantuy-santuynya orang santuy, yang suka mimpi dapet acc padahal bab 1 aja belom beres. Hehe


Oke langsung aja nih mimin kasih tips biar kalian tetep santuy tapi kelar tepat waktu .
1. Bismillah, sertakan Allah disetiap aktifitas kita
As always yaa guys, kita meyakini apa yang kita lakukan semua berjalan sesuai kehendakNya. Minta supaya dimudahkan dan dikuatkan.

2. Jangan panik.
Ya mungkin ga semuanya panik sih, tapi ada tipe orang yang belum apa-apa aja udah panik. Coba deh mikir "saya udah sejauh ini, nyampe tahap ini, tugas kemaren-kemaren udah bisa dilewatin, masa ini gabisa, yakin deh ini pasti terlewati juga". Apresiasi diri kalo kamu itu udah cukup keren bisa nyampe tahap ini. Oiya kalo lagi panik, coba deh ikutin ini "tarik napas perlahan, rasakan aliran udara masuk ke hidung dan diafragma, setelah itu hembuskan". Bilang deh "yaudah, jalani aja"

3. Nyicil.
Nyicil apa nih min maksudnya?. Ya apa lagi kalo bukan nyicil tulisan. Kan skripsian berhubungan erat dengan dunia tulis menulis. Jadi gini guys, kalo kamu punya ide baru atau nemu kalimat yang pas buat skripsi kamu, mending ditulis dulu dah. Gada yang jamin kamu bakal terus Inget. Apalagi kalo kamu termasuk orang yang gampang lupa. Jangan nunggu ide nya sempurna, kalo nyicil kan kamu bisa nyatuin potongan-potongan ide yang kamu dapet. Itu lebih mudah guys.

4. Prioritas.
Kamu punya keinginan? Pengen lulus di semester 7 misalnya, kalo kerjaan kamu cuma ngimpi dan maen games tiap hari. duh lupain deh lulus taun ini. Coba deh bikin skala prioritas penting mana ini sama itu. Nah lakuin yang penting-penting dulu guys. Contohnya nomer 1 ibadah, nomer 2 skripsi, nomer 3 sampingan, nomer 4 maen, dll. Kalo kalian punya kerjaan, yaa dikurangin lah kerjanya biar ga sibuk-sibuk banget. Inget lulus dulu yang terpenting, biar ga bayar ukt lagi. Mending uangnya buat baksos ke anak yatim. Iya ga?. Terus ga mubazir waktu juga Kan? "Lulus molor, nikah molor" bagi yang udah ada calon dan tinggal nunggu lulus" hehe. Kalo yg blm kepikiran, pikirin deh. Mana manfaat dan mudharatnya.

5. Atur jadwal
Kamu punya target nih, lulus taun ini. Nah coba kamu buat jadwal, buka kalender, tanggal sekian seminar proposal beres, tanggal sekian penelitian beres, tanggal sekian laporan beres.dll. ah, mimin yakin sih dah pada jago bikin, tinggal aplikasi nya aja kan yang susah? Hehe. Diatur juga jadwal bimbingan nya, jangan nunggu dosen kasih surat "cinta" ya.

6. Kumpul sama gercep geng
Temen punya pengaruh yang luar biasa loh. Jadi coba ikutan nimbrung sama anak-anak yang lagi asik ngerjain skripsi. Mau gamau yang kalian bahas pasti seputar skripsi, iya ga? Nah kamu bisa termotivasi deh buat ikutan ngerjain. Hehe

7. Mentok? Istirahat bukan berhenti
Pasti pas kamu ngerjain skripsi, kamu nemuin hal-hal yang menurut kamu "apa sih, susah banget" terus kamu bingung gimana harus ngerjainnya. Nah mentok deh disitu. Di fase ini kamu punya dua pilihan, berhenti atau lanjut. Ya menurut mimin sih ga dua-duanya. Gada salahnya kamu istirahat sejenak sambil ngopi, nikmatin dah tu kopi. Srupuut. Gausah terlalu maksain buat lanjut. Jatohnya malah yang kamu kerjain bakal ngalor ngidul hehe. Kalo dirasa udah mendingan, mood udah bagus lagi buat ngerjain, baru deh tuh kamu cari jalan keluarnya. Tanya-tanya yang udah pengalaman. Atau biar lebih mantep konsultasi sama dosen pembimbing. Jangan takut dahh. Inna ma'al 'usri yusro. Setelah kesulitan Ada kemudahan. Believe it!

8. Penting nih
Ah gausah kebanyakan tips, mimin yakin kalian lebih tau apa yang harus kalian lakuin. Kalian lebih tau masalah kalian dan cara menyelesaikannya. Sebenernya kalian cuma butuh niat yang kuat dan kebahagiaan. Ehehe Karena segala yang dikerjakan dengan hati, akan sampai kehati.


Segitu aja ya guys tips nya, Kalo butuh nanya-nanya sama mimin boleh ko, tulis aja dikolom komentar. Makasi dah nyimak sampe akhir. Wassalamu'alaykum warahmatullah

0 Response to "Tips menyelesaikan skripsi tepat waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel