6 Bulan, Sertifikasi 741 Guru Non-PNS Tak Cair



Bromo–Sebanyak 741 guru non-PNS di Kabupaten Probolinggo resah. Hampir bulan keenam di tahun ini, sertifikasi mereka belum juga cair.

Tidak cairnya sertifikasi guru non-PNS terjadi lantaran pemerintah pusat belum juga mencairkan. Padahal, pencairan sejatinya dilakukan per triwulan. Di setiap triwulan itu, pencairan bisa dilakukan setelah Surat Keputusan (SK) pencairan sertifikasi dari pusat telah turun.

Saat ini sebenarnya SK pencairan sertifikasi telah turun. Dispendik Kabupaten Probolinggo pun telah mengajukan pencairannya ke pusat. Namun, sertifikasi itu belum juga cair.

Total ada 741 guru non-PNS yang menerima sertifikasi di Kabupaten Probolinggo. Terdiri atas 404 guru TK dan sisanya terdiri atas guru honorer SD dan SMP.

Aries Purwanto, kasubbag Keuangan di Dispendik Kabupaten Probolinggo mengatakan, daerah tidak punya kewenangan dalam mencairkan sertifikasi guru non PNS. Pencairan dilakukan pemerintah pusat langsung kepada rekening penerima.

“Sertifikasi non-PNS itu pusat yang mencairkan. Kami di sini hanya mengajukan saja pada pusat,” ungkapnya.

Pengajuan sendiri telah dilakukan. Bahkan, sebagian berdasarkan sistem online yang digunakan sudah turun SK-nya. Dengan rincian 391 Guru TK dan Guru SD/SMP sekitar 270 orang. Sisanya masih dalam proses SK.

“Untuk TK yang proses SK atau siap SK sekitar 13 orang. SD dan SMP itu sekitar 65 orang. Juga ada dua orang yang belum kami ajukan karena belum menyetorkan berkas,” tandasnya.

Aries menjelaskan, pencairan sertifikasi guru non-PNS sebenarnya sama dengan sertifikasi PNS. Pencairannya setiap triwulan.

Bedanya, pencairan sertifikasi guru non-PNS langsung dari pusat ke rekening penerima. Sedangkan pencairan sertifikasi PNS, dari pusat ke kas daerah. Kemudian disalurkan kepada penerima.

Dalam aplikasi Sistem Manajemen Tunjangan (Simtun), SK yang turun untuk sertifikasi berstatus Surat Perintah Membayar (SPM). Artinya, kata Aries, pencairan belum dilakukan. Jika status itu berganti dengan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), maka pencairan siap dilakukan.

“Ada kemungkinan masih di Kementerian Pendidikan. Belum ke Kementerian Keuangan. Sama halnya di kami, untuk SPM itu yang mengeluarkan kami. Kemudian SP2D itu Keuangan,” terangnya. 

sumber : radarbromo


0 Response to "6 Bulan, Sertifikasi 741 Guru Non-PNS Tak Cair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel