76 Tenaga Guru Honorer Siluman di Maluku Utara Menerima Gaji Tunai Tiap Bulan


Ilustrasi guru

Dikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Provinsi Maluku Utara, saat ini sedang melakukan pendataan guru honorer di tingkat SMA dan SMK se-Provinsi Malut, disusul adanya laporan sebanyak 76 tenaga guru honorer yang diduga fiktif.

"Sebanyak 76 guru honorer daerah diduga kuat fiktif dan tidak jelas, sebab belum memasukkan nomor rekening untuk pembayaran gaji, padahal telah meminta agar rekening para guru honor segera dimasukkan," ujar Kepala Dikbud Provinsi Malut, Sabtu (4/7/2020).

Kepala Dikbud akan melakukan verifikasi data 76 guru honorer daerah yang tidak jelas, karena sampai sekarang belum memasukkan nomor rekening.

Karena berdasarkan laporan yang diterima oleh Dikbud Provinsi Malut ada 76 orang guru honorer daerah yang bisa dikatakan siluman tersebut setiap bulan menerima pembayaran gaji tunai dari Dikbud.

Tetapi setelah dialihkan ke non-tunai, ke 76 tenaga guru tersebut tidak kunjung memberikan Nomor rekening.

Maka dari itu pihaknya akan kembali melakukan verifikasi nama guru dan asal sekolah, karena sampai sekarang 76 guru honorer ini belum memberikan nomor rekening.

"Olehnya itu tipe guru honorer seperti ini harus ditelusuri agar jangan sampai 76 orang tersebut betul-betul guru honorer yang tidak jelas dan kekhawatirannya adalah daerah pasti rugi karena terlanjur membayar gaji guru honorer yang tidak produktif," tegasnya.

Ia mengakui, telah menginstruksikan ke Kabid GTK turun ke SMA dan SMK di kabupaten/kota untuk mengkroscek 76 guru honorer ini dan kalaupun ada kedapatan maka akan konfirmasi di Kepala Sekolah (kepsek).

Kepala Dikbud menambahkan, selama ini data-data tenaga guru honorer di sekolah yang diusulkan ke Dikbud semua melalui Kepala Sekolah. Namun nyatanya sebanyak 76 orang tenaga guru honorer tersebut sampai saat ini secara identitas pun belum ada.

"Setiap Kepsek wajib melaporkan perubahan nama, atau data guru honorer di masing-masing sekolah, bukan Kepsek ikut membiarkan begitu saja," Tutupnya.

Sumber: Liputan6.com

0 Response to "76 Tenaga Guru Honorer Siluman di Maluku Utara Menerima Gaji Tunai Tiap Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel