Begini Cara Guru Mengajar di Hari Pertama Tahun Ajaran 2020/2021

Senin (13/7), merupakan hari pertama penyelenggaraan tahun ajaran baru 2020/2021. Tidak semua jenjang pendidikan SMP dan SMA sederajat dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka, karena kabupaten atau kota tempat sekolah tersebut berada tidak tergolong zona hijau dalam peta zonasi Covid-19.

Di antara jenjang pendidikan SMP dan SMA sederajat yang belum mendapat rekomendasi untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka pada hari ini adalah seluruh SMP dan SMA di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Yang mana kedua daerah bertetangga ini hingga Minggu kemarin masih tergolong zona orange yang artinya berisiko sedang dalam penularan Covid-19.

Dikarenakan itu, pembelajaran secara tatap muka ditiadakan. Sebagai gantinya adalah kegiatan belajar dari rumah.

Kemudian, para guru yang akan menyampaikan mata pelajaran kepada murid-muridnya itu tetap berada disekolah masingt-masing tidak dari rumah.

Drs Rachmat Fitri HD MPA selaku Kepala Dinas Pendidikan Aceh mengungkapkan, "guru-guru melaksanakan kegiatan BDR di sekolah".ungkapnya. Dikutip dari serambinews.com

"Metodenya, Guru masuk ke ruang kelas, lalu mengajar pakai aplikasi Zoom, dan siswa menyimak di rumah masing-masing".lanjutnya.

Dalam proses belajar-mengajar sistem BDR ini guru akan memberikan tugas atau PR untuk dikerjakan siswa di rumah.

Di dalam sekokah, praktik mengajar secara BDR ini diawasi langsung oleh kepala sekolah, dibantu para wakil kepala sekolah dan yang memiliki wewengan disekolah masing-masing.

terkhusus untuk memastikan apakah guru datang ke sekolah dan tetap mengajar secara daring untuk murid-muridnya yang menyimak di rumah.

Hari ini tidak semua kelas di jenjang SMP dan SMA melaksanakan proses belajar-mengajar berbasis tatap muka maupun BDR.

Dikarenakan, bulan Juli ini awal tahun ajaran baru, maka rata-rata sekolah sedang melaksanakan Masa Orientasi Sekolah bagi murid baru. Salah satu sekolah yang hari ini melaksanakan MOS untuk murid baru adalah MTsN 1 Banda Aceh.

"Hari ini di sekolah kami ada MOS untuk murid baru. Jadi, BDR baru akan dilaksanakan pada hari Rabu lusa," Kata Nadira Yasvina, siswi MTsN 1 Banda Aceh.

Sumber: serambinews.com

0 Response to "Begini Cara Guru Mengajar di Hari Pertama Tahun Ajaran 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel