Kabar Baik! Gaji ke-13 PNS Akan Segera Cair, Mungkinkah Dipercepat?

Yustinus Prastowo selaku Staf Khusus Menteri Keuangan menyampaikan kepastian Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI, dan personel Polri pasti akan memperoleh gaji ke-13 pada tahun ini.

Proses dilakukannya pembayaran gaji ke-13 diperkirakan akan dilakukan pada akhir kuartal IV tahun ini. Sekitar November-Desember 2020.

Beberapa pengamat meminta agar pemerintah jangan menunda-nunda pencairannya. Karena, gaji ke-13 sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi pada krisis pandemi corona Covid-19 saat ini.

Saat diminta jawaban atas pertanyaan tersebut, Yustinus Prastowo belum dapat menyampaikan keterangan atas persoalan tersebut.

"Untuk hal ini Dirjen Anggaran yang akan menjelaskan," terangnya.(5/7) Dikutip dari liputan6.com

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani pun mengatakan. Dia juga belum dapat memberikan jawaban seputar kepastian pemberian gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil.

Kabar baiknya, Yustinus Prastowo sempat membuka asa. Pencairan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil akan dilaksanakan pada kuartal IV 2020.

Pemberian gaji ke-13 tersebut yang nantinya dapat mendorong kenaikan angka konsumsi usai masa krisis corona Covid-19. "Nanti harapannya kan ketika sudah agak turun Covid-19 ini, lalu justru bisa mendorong konsumsi kalau dikasih di kuartal IV,"lanjutnya.

Yustinus Prastowo juga menegaskan, pencairan gaji ke-13 sengaja tidak dilakukan dalam waktu berdekatan dengan pemberian uang Tunjangan Hari Raya. Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol pemasukan bagi para abdi negara.

"Iya, supaya ini kan soal manajemen waktu. Biar tidak semua diajukan ke depan," tegas Yustinus Prastowo.

Kepastian pembayaran gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil baru akan diputuskan pada Oktober 2020 melalui sebuah peraturan pemerintah.

Dengan sebab itu, diperkirakan proses pencairannya bakal dilakukan di penghujung kuartal IV tahun ini, sekitar November-Desember 2020.

"Kemungkinannya antara November-Desember, nanti kita lihat. Toh ini masih pandemi corona kan sangat dinamis," tutupnya.

Sumber: liputan6.com

0 Response to "Kabar Baik! Gaji ke-13 PNS Akan Segera Cair, Mungkinkah Dipercepat?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel