Kabar Baik! Kemendikbud Punya Terobosan untuk Guru Kala Covid

Informasiguru_Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan Seri Webinar Guru Belajar : "Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi". Tujuannya untuk membantu para guru lebih siap dan makin kompeten dalam proses pembelajaran saat pandemi covid-19 masih berlangsung.

Peresmian ini dilakukan langsung oleh Dr. Iwan Syahril, Ph.D selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan disaksikan lebih dari ribuan peserta dari kalangan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, orang tua dan para insan pendidikan melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung di kanal YouTube Ditjen GTK Kemdikbud RI.

Seri Webinar Guru Belajar ini, diselenggarakan dengan harapan agar dapat menghidupkan ruang diskusi dan mewarnai ruang belajar para guru melalui penyesuaian system pendidikan di masa pandemi Covid-19 dengan tujuan intinya adalah menghimpun seluruh energi positif dalam merespons tantangan-tantangan saat ini.



"Sehingga kita semua merasa berdaya kemudian kita mau memberdayakan yang lainnya," kata Iwan Syahril, Rabu (1/7).

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani mengatakan kegiatan Seri Webinar ini merupakan upaya menyambut tahun ajaran baru di tengah pandemi Covid-19.

"Kita harus bersiap untuk menyiapkan seluruh kondisi sebaik mungkin sehingga kita siap mendampingi seluruh peserta didik kita menyambut tahun ajaran baru yang akan datang," katanya.

Ia bilang seri Webinar Guru Belajar ini diluncurkan agar dapat menjawab tantangan di masa pandemi, dan dalam menghadapi situasi pandemi harus memperkuat semangat gotong royong.

"Semangat ini merupakan filosofi yang telah diajarkan para leluhur bangsa ini yakni saling membantu dalam upaya menyelesaikan masalah yang kita hadapi," ujar Nunuk.

Sementara itu, Iwan Syahril pada sesi peluncuran Seri Webinar Guru Belajar menjelaskan mengenai konteks pembelajaran, kemendikbud juga telah memiliki halaman khusus, Bersama Menghadapi Corona (https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/) untuk membantu guru dan murid mendapatkan informasi tentang aplikasi pembelajaran gratis.

Pada halaman ini, berbagai macam informasi termasuk aplikasi pembelajaran gratis yang bisa dimanfaatkan selama pandemi Covid-19.

Selain itu, kemendikbud juga telah berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi berupa data aplikasi pembelajaran daring yang menyediakan paket-paket data untuk pembelajaran jarak jauh dengan laman guru berbagi (https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/) yang merupakan gerakan dengan model crowdsourcing, dimana guru-guru dapat berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran yang digunakan selama masa pandemi Covid-19 untuk semua jenjang, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, maupun SLB. 

Berdasarkan data per 27 Juni 2020, sudah 736.000 lebih pengunjung, hampir 600.000 yang mengunduh, lebih dari 10.000 RPP, hampir 3.000 artikel dan komunitas bergerak bersama, dan sudah ada 152 aksi kolaborasi dengan berbagai macam yang dilakukan, terutama pelatihan bagaimana menghadapi banyak hal atau tips and trick.

Sudah lebih dari 100.000 yang terlibat dalam pelatihan-pelatihan yang terdapat dalam laman guru berbagi ini. Laman guru berbagi ini, akan menjadi sumber inspirasi bagi para guru yang kesulitan mendapatkan ide-ide baru dalam menghadapi proses pengembangan pembelajaran selama pandemi Covid-19 ini.

Platform ini, dinilai sangat bermanfaat dan berguna bagi guru-guru diseluruh pelosok di Indonesia. Termasuk pembelajaran yang sifatnya non daring. Karena terdapat RPP online, campuran (blended) dan tatap muka (luring) yang menerangkan ide-ide tanpa internet.

Iwan juga menegaskan bahwa pada abad 21 ini dibutuhkan sikap mental untuk sebuah ekosistem inovasi yang nyaman diketidaknyamanan. Masa Covid ini, pelaku pendidikan semua terpaksa, terkondisikan melakukan semuanya dari rumah.

"Namun, kita harus terus melatih otot-otot mental kita untuk nyaman diketidaknyamanan ini, dan ini akan menjadi modal yang akan sangat baik untuk melakukan inovasi-inovasi," katanya.

Seri Webinar Guru belajar ini akan diselenggarakan secara berkelanjutan selama satu bulan ke depan dengan mengahadirkan tema-tema dan narasumber dari kalangan guru, akademis, praktisi, unsur pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya


Sumber : CNBC Indonesia

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.

0 Response to "Kabar Baik! Kemendikbud Punya Terobosan untuk Guru Kala Covid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel