Di Balik Topeng Ada Kita :D

Bogor (Baranangsiang) - Depok - Cimanggis - Cibubur - dan..
Pintu Doraemonnya mita membawa gue ke.. "BEKASI" !

Hahah.. dibuka dengan tawatiwi dulu, padahal lagi kelaperan aseli deh ini. Dan akhirnyaa gue bisa ngepost laagi nih hahah setelah Bbm akhirnya turun harga, terus ongkos angkutan umum juga jadi turun (cumagopeah males), sampai hari ini yang lelahnya bukan kepalang sukses harus bayar utang sana sini berhubung duit gue yang selembar merahan itu gak bisa dipecahin hingga nyaris miskin mulungin duit logam gopean dan serebuan demi naik angkot 03 buat balik ke rumah.. :"hiks.

HH akhirnya ujung*nya gue jadi minjem lagi deh dua ribu ke anak kostan yang nyaris miskin juga gatau uangnya dikemanain itu wkwk maklum ya cowok, punya duit gak kontrol gitu, baru dapet jatah eh udah entah terbang-terbangan kemana deh itu.. padahal kostan nunggak + laundryan belum diambil wkwkwks sedihlah..turut prihatin :"(

Duh, soriya intronya puanjaaang abeeesss. berhubung yang ngetik juga seharian ini udah cukup dibawa sama metromini jurusan Bogor - Rambutan dengan sangat le - lah. ya, lelah.. tapi alhamdulillah gue tetap senaaang lalalalalalalaaaa.... ~v~

JADIGINILOH, *gaknyelow* ...

Tugas UAS gue bulan ini, ada beberapa mata kuliah yang emang ditugasin buat dikerjain kelompok sebagai pengganti ujian tulis. Salah satunya ini mata kuliah KOMUNIKASI BINA DAN SENI BUDAYA! dosen kecenya ini yang gue bilang sih mirip lawakan kadir :v *sungkemandulu* gapapa tapi bapanya tetep kecehlah, dari awal udah nugasin buat bikin produksi kesenian terkait tarian atau seni pertunjukan lainnya. kelompok gue sendiri sih ambil Tari Topeng Betawi Tunggal. Gakepikiran tarian lain-lainnya, berhubung otak jalan* jadi mikir gampang observasi tinggal naik kereta ke kota D. haha sekiplah intinya selesai tugas makalah, sekarang bagian buat dokumenter atau film.

Dari banyak narsum, akhirnya ada 1 narsum yang menyambut kita dengan cukup baik wkwkw akhirnya cinta bersambut gak bertepuk angin :v

sebut aja dia abang TOPENG. Ceritanya nih yak baru buat ngelobi gitu nih, kita disuruh jabanin dia ke rumahnye *efekbetawinyanempel* Okelah, cus hari Senin (beberapa jam yang lalu dari sekarang gue ngetik) kita sekelompok berangkat ke alamat yang dituju. Udah bahagia gitu yakaan temen gue sinur ini hahaha gue bilangnya dia mau ngebesan sama anaknya bang topeng :v segala nyuruh dia bawa roti buaya *sekipgapenting*

Biasanya sih gue yang ngurus ini itu, berhubung gue lagi eror, sehingga gue mengalihkan pekerjaan sebagai 'narahubung' ke anggota lainnya. 
"fix, alamat gue udah tau, naik apa ajanya juga gue udah tau."
gitu katanya. Nah, gue udah yakin banget kan tuh, okelah gue tinggal ngekor nih berarti. Pd banget bakalan langsung sampe dan semua akan berjalan dengan lancar hahaha

Perjalanan cukup membuang waktu yang saaaa-ngat banyak-sih-menurut guee *rotfl*. Gue sama tigaan bocah suku anak dalam ini ngebolang dari jam 13.30 - 16.00 . Dengan ongkos Bogor- rambutan (yang akhirnya dengan PD kita turun di perempatan cibubur, soalnya temen gue nulisnya begitu di kertas lembarnya) 9ribu. entah kena getok atau enggak, gue gak berpengalaman naik metromini. Itu jarak tempuh dari jam sekian ke jam sekian itu padahal gapake macet-macetan wkwk tapi gatau kenapa emang dasarnya jauh .., ya.. jauh.. emang jauh .___. *gajedulu*

Itu abang kenek sampe bosen keknya liat kita berempat kagak turun*. Penumpang paling betah dari Bogor yang jauh* ke cibubur ck heran gitu yakan tampang lugu* begitu mau pada maen kemana sih jauh bener. Akhirnya malah menimbulkan percakapan.. ya sedikit menghiburlah boleh.
Si abang kenek ini sampe nengok dan nengok lagi ke arah kita. wkwk gak maksut khawatir takut kita ilang juga sih :v karna kerjaan dia kenek ya otomatis deket pintu masuk, sedangkan gue sama nur duduk deket situ. aun sama mita di sebelahnya. Btw gue perhatiin kenek macem gitu gak capek yaaa mondar mandir turun naik depan belakang pintu? wkwk
Keknya dia emang perhatian banget sih sama anak empat itu. Sampe* dibilang "Udaaaah.. tidur lagi aja. Perjalanan masih jauh. masih lamaaa turunnyaaa..." - berkali-kali pake logat bercandanya gituyakan.
Sampe* isengnya bukan kepalang, "Eh..kalian mirip nih.. Iya bener mirip, senyumnya juga, coba deh si mbak nya ini dipakein kacamata juga" - maksutnya ke aun sama mita.
wkwkwk maksaa sumpeeh itu abang kenek, entah turunan nenek moyang abad keberapa garis turunan kemana, mereka berdua ujug* dibilang kembarlah, miriplah, adek kakaan lah wkwkwk :v dan kita berempat cuma bisa cekakakan gak berenti. Belom lagi sinur yang dibully sama kenek yang satu lagi tuh botak hahah, tapi yang dibully keknya gapeka gegara ngantuk.

Ceritanya udeh sampe deh tuh kita diturunin dengan selamat di perempatan Cibubur. Dan kata aun, dari situ kita naik angkot merah. Oke, kita naik dan masuk ke dalem gapura. Hueedeeh lebih jauh lagi itu masuknya. Tapi berhubung udeh kesenengan duluan mau sampe nih sebentar lagi... jadi capeknya gakerasa. Mikir juga udah sore, nemu rumahnya pasti langsung istirahat, makan dulu kek terus solat deh nyari mesjid. Berhubung narasumber kita juga masih di perjalanan katanya, lagi ke Bogor. lahlahlaaah... hhahaah kita ke mana dia ke mana. Tau gitu mending nebeng aja sekalian atau ketemuan di Bogor :v masalahnya sih ya kita gak tau.

Naik angkot merah, terus kita sepik ke abangnya buat turunin di gang KENANGA. Langsung deh tuh angkotnya ngebut gapake nos. Sampe-sampe gangnya kelewat. "Eh..eh..eh.. kelewat neng, lupa abang. Tuh ya, jalan kenanga mah turun lagi aja ke bawah dikit."
zzzz hooh deeh baaang nurut aje,, *masihstabilemosi* ongkos kena goceng per orang :o padahal katanya cuma tigarebuan kalo mita bilang. Akhirnya jalan lagi deh tuh ke bawah, setelah tikungan, nemu tempat cucian motor. Gue nanya deh, 
"misismisisisis..........................,  tau gak bang?"
"Wah gatau tuh neng"
"ih, si abang masa gatauu sih kan orang sini.." - setelah itu gue kena protes dan omel sama tiga anak itu wkwk
"yah, gatau. coba tuh tanya." - eh dia nengok nanya ke belakang yang lagi nyuci motor.
"heem prediksi gue sih gangnya yang itu tuhh.." -sodukunnya gue keluar

"oh.. kenanga.. kenanga mah ituu tuh..." -nunjuk ke gang yang gak jauh dari tempat kita berdiri.
"Noh kaaaan benerrr" - bisaditebaklah ini siapa yang bilang =))

Okelah kita masuk ke gangnya. Udah segala repot mau ngeluarin poket kamera, eh mikir lagi keknya gausah deh nanti aja. Di situ sibuk nanya*, dan itu anak yang katanya udah tau alamatnya, pas nanya ke ibu* malah meragukan .____. sampe gue agak emosi "jadi sebenernya lu nyatet gak sih?? apaa? dimana? daritadi gue nanya udah udah ajaaa??" -- gitu kira* percakapan batin gue.
dengan penuh desakan kita, akhirnya dia ngeluarin binder juga yang ditulis alamatnya itu haha. ditanyain, dan ternyata RT06/07 mah itu gak ada di sini. gak ada itu Rw sampe 7. wkwkw ini kata gue mah siaun nyatet alamat rumah gue yang ada xD *eh baru ngeh juga kalo ternyata sama ya.

denger saran dari ibu* yang kita tanya sih coba jalan aja dulu ke atas. oke, jalan, terus akhirnya gak nemu udah sampe ujung malah loncat langsung ke rt 011, terpaksa nanya lagi. terus balik lagi ikutin petunjuk, nanya lagi, ikutin lagi sesuai patokannya, jalaaaan deeeeh teruuussss sampe akhirnya ketemu GANG REMAJA. Nah, gue udah yakin banget deh tuh ini jalan yang diikutin gak bakalan salah, udah persis banget sesuai petunjuknya. Hoalaaah udah bahagia banget bentar lagi nih... bentar lagi sampe, terus makan, terus bisa solat. saking bahagianya bentar lagi sampe, itu kamera poket gue keluarin juga. wkwk ala* sibolang gitu yakan gue sok sokan ngerekam terus cuap* sendiri sambil sesekali ngambil gambar sekitar berikut tiga orang anggota yang udah hampir prustasi gak nemu* rumahnya h h h.

Jalanannya udah kek naik gunung lewatin lembah.. turun naik turun naik... edan lah. mana gak ada kendaraan juga di situ. lumayan jauh kita berempat jalan kaki. Sampe semuanya siyok. eh gue duluan sih, wkwk abisnya liat tugu ucapan selamat datang, gataunya kita udah jalan sampe ke Bekasi xD
gue sampe bilang ke mita, "Mit, apa yang gue bilang dan yang lu bilang gak mungkin, akhirnya kesampean kaan" ahahah jadi gue tadinya nyari info gitu, kalo tari topeng itu adanya di sekitaran bekasi. Kata mita, duh itu gak mungkin kalo kita ke sanaa... jauh banget itu mah.

Nanya sana sini lagi. gue tanya satpam komplek, dia nunjukin tuh. (berharap petunjuk kali itu langsung nganterin kita sampe ke tempat tujuan)

"pak, misisismisi........., intinya nanyain tempatnya
"oh, itu ya Mardi Topeng, itu tuh.. di sana rumahnya yang jualan vcd dvd. dia mah kan emang jualan kaset juga." - padahal nam yang dicari itu Andi Topeng *ehkeceplosan

di situ sempet siyok lagi, hah..? jualan kaset? emang iya ya? seniman jualan juga? haha bisnis juga ternyata. nyebrang deh tuh dari situ sih masih jalan lagi lumayan. mana kendaraan lalu lalang cukup padetlah. di situ kita berenti dulu ada tempat dudukan, si aun ini kelaperan bukan kepalang, dibuka deh tuh bekel makanannya. mita buka nasi uduk yang pagi, nur seperti biasa dia yang paling diem dan oleng kalo kemana-mana :v akhirnya dia ngehubungin bang Topengnya lagi. sms, akhirnya ribet, yauda dia nyuruh kita nelepon.

 "Kamudimana?... blalblahjadakejiwbqrjqhjqw.... gang topeng? itu dimana sih?.. kalian tuh harusnya ke..djahdahsjhfasjgfdsk..;faflekfjwjekn.......................................tut"

"udah ah, ini lu yang ngomong aja , ngeri..." - mulai lempar-lemparan ngomong =)))
dari mulai nur, ke aun, ke gue, ke aun, sampe akhirnya siaun pasrah jadi korban roamingnya bang topeng wkwk sabar yaa un :'v gue turut berduka
Jadi lumayan buat siaun kesel,panik, pusing, campu aduk deh tuh diceramahin. mana suaranya gak jelas, gue dengerin pun percuma keknya wkwk gak bakalan kebayang, orang gatau jalan, makanya gue kasih lagi tuh hapenya ke aun. hehe maap yaa un :'p

OKEOKEOKEEE.. gue coba mendinginkan suasana, masih berharap, sok nyabar, dan mencoba buat paham sama sikonnya yang di sebrang sana, sama yang kecapean di sini. Fine banget, ternyata kita nyasar, gak nyasar juga sih, karna kita masih tau jalan :v yang lebih tepatnya sih salah tempat *eaamasihajangeles* dengan perjalanan yang cukup menguras keringat, akhirnya kita mundur lagi ke titik awal kita nanya*, tepat di jalan KENANGA. SEINGET gue ya itu, karna ternyata harusnya GANG bukan JALAN. tapi ya, mau gimana, dikira jalan kenanga cuma satu di situ, wkwk

Liat jam, udah jam 5an tuh, alhamdulillah masih ada mesjid deket situ. akhirnya solat, dan lanjutin perjalanan lagi sekitaran setengah 6. naik angkot yang sama, daaan... sampe depat lampu merah perempatan cibubur,

"Tuh kaaan kita jodoh, bener gue bilang " - =)))) ngerasa Allah udah ngatur banget emang.
Jadi kita pulang pake bis yang awal lagi, hahahahah dengan bis dan abang kenek yang sama xD bedanya pas balik kupluknya udah dilepas. dan dari awal kita turun pun, gue udah sok ngedukun lagi, kalo pas baliknya kita bakalan naik bis yang sama, gitu deh gua sepik ke si mita. dan gataunya, kami berjodoh :v 
"Ayo,,naiknaiknaik..." - siabangnya udah gak asing lagi tuh sama kita. alhamdulillah lagi kan ketemu, jadi intinya di dalem kita curhat dan nanya* lagi alamat yang dituju sembari gajelas itu -,-
udah ngakak ngakak lagi, terus diem weh pada capek, haha terus berhubung udah kenal jadi nego harga =)) kena deh goceng. kita diturunin di gang mesjid. aduh gue skeptis deh mulai, seenggaknya siabangnya gak menghiraukan gadog raya nya itu, padahal udah gue tegesin, yakali... gang mesjid kan banyak ._.
saking pada capek, kita gak sadar gitu kalo ternyata udah disuruh turun. soalnya udah sampe depan gang wkwk

turun deh tuh, nyaris.. nyaris seneng lagi. tepi prediksi gue ini php ke sekian kali *rotfl*

haaah ini udah nanya* yang ke berapa kali deh gakeitung. dan ternyata bener aja salah =)) tapi untungnya jalan ke depan itu gak jauh* amat dari situ. 15menitan sih lumayan haha, mana oleng bet lagi itu jalan di tengah* trotoar gitukan. bener gak sih namanya? ahah
sampe akhirnya nyaris prustasi lagi, nanya lagi ke tukang martabak yang keknya dia sendiri gak paham* banget daerah situ. jalan terus deh akhirnya sampe bener* nemu ucapan selamat datang kota D pasar cisalak, cimanggis. walhamdulillah.... beneran ada ojek ternyata sesuai yang diinfokan. Empat ojek berangkatlah menuju lokasi. kali ini gak akaaan salaaah udah bener, yakin 100%, abang ojeknya juga kenal ternyata dan tau rumahnya di mana, katanya sih deket sama rumah dia. percaya deeh, terus sedikit curhat lagi ujung*nya wkwk sekip.

SAMPAI DEEEH~ HAHAHA kedatangan pun disambut sama tiga laki* perjaka, keknya itu tim sanggarnya, sama satu lagi anaknya *mungkin... yaa sok dukun lagi*
hahah udahlah yaaa.... sesi curhat dimulai, sambil nungguin si bang topengnya di dalem, kita suruh duduk dan disediain air yang gak kita minum di bale samping rumahnya. gue sempet bingung tuh pas dia keluar mau ngomongin apa. eh orangnya udah buka percakapan duluan wkwkk nanya* kenapa bisa sampe nyasar, padahal deket. azzz udah jelas* dia gak lengkap ngasih alamatnya -____-
tapi salah di kitanya juga sih gamau kroscek lagi. dari satu pertanyaan, akhirnya beranak pinak kalo sama orang yang keponya dewa ini =))) daripada mubazir, gue suruh deh tuh sinur ngerekam suara.
 
di situ lumayan dapet banyak ilmu, sejarah, dan silsilah topeng betawi yang udah jadi icon nya kota D. kagum dan seru aja dengerinnya, ternyata dia ini udah pewaris ke tiga dari turunan nenek kakeknya yang bener* dulu itu nyiptain sendiri tarian topeng betawi, khususnya tunggal yang mau kita garap ini. ceritanya panjaaang dan sukses bikin gue semakin kepooo :D
Intinya beliau jadiin keahlian utamanya ini udah sebagai keprofesionalan dalam bekerja sekaligus mencari nafkah, gak cuman dipanggil sana sini, dia juga ngajar seni tari di sekolahan biasanya. hem udeh deh, ibarat basanya jurnalis mah, 
"kesenian dan tarian topeng ini udah jadi panggilan hidup saya." - Andi Topeng
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perjalanan pun berakhir :D nyaris khawatir gak dapet bis karna udah malem banget, eeeeh alhamdulillah ternyata baru aja nanya ke tukang pisang yang tadinya disuruh naik angkot aja, gataunya gue balik ke tempat nunggu bis, eh bis nya lewaaat....

*sampai ketemu di lain cerita..
Sayangnya dokumentasi entah ke mana :(

0 Response to "Di Balik Topeng Ada Kita :D"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel