Walau Jamannya sudah Modern, Masih Ada Ratusan Rumah Di Desa Kluwut yang Belum Punya WC

WC Terapung untuk BAB di Sungai - Desa Kluwut
celotehbulakamba.com, Kluwut - Lebih dari 300 rumah tempat tinggal warga di Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba belum mempunyai WC. Sehingga sebagian warga masih ditemukan jika Buang Air Besar di Sungai, Pekarangan dan Saluran Air, ini terjadi karena rendahnya kesadaran masyarakat dalam hidup sehat, dan juga persoalan tidak mampunya membuat WC dan ketersediaan lahan. Minggu, (31/1).

Berdasarkan pantuan celotehbulakamba saat menyisir  sungai Kluwut yang melintasi Dukuh Kemuning, Karang asem, Karang jaya,Lecot dan Dukuh Sapu Laut terdapat lebih 12 bangunan Jamban yang berdiri di tepi sungai dan Kotorannya langsung dibuang ke aliran sungai.

Salah satu warga Kluwut Rudi (40) mengatakan bahwa salah satu contoh di sungai Kali sapi yang memanfaatkan sungai Kali sapi untuk buang hajat." Bukan itu aja mas ada juga beberpa warga yang sudah punya Wc tapi tidak bikin septitank, dia mengalirkan tinjanya ke kali sapi dan saluran air lainya, kalau musim kemarau parah sekali mas, " ujarnya.

Selanjutnya ditemukan juga di sekitar RW 5-9 sebagaian warga juga memanfaatkan pekarangan kosong dan perahu warga untuk buang hajat besarnya.

Sementara Kades Kluwut Isa Ansori (42) menjelaskan bahwa persolan di desanya sangatlah kompleks, bukan hanya masalah kebiasaan BAB Sembarang juga masalah lainnya. " Faktor kepadatan dan ketersediaan lahan juga menjadi masalah bagi yang tidak memiliki jamban, disamping juga masalah tidak mampu buat jamban, sehingga masih ditemui warga desanya dalam buang air besar sembarangan, dianggap sungai dekat rumahnya, padahal ini menjadi persoalan serius yang harus di tangani. Dana desa yang kita terima pun tidak bisa menyelesaikan agar desanya bisa Bebas Buang Air Besar Sembarangan, " pungkasnya ( Maksum )

0 Response to "Walau Jamannya sudah Modern, Masih Ada Ratusan Rumah Di Desa Kluwut yang Belum Punya WC "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel