2 WARGA DESA BULAKAMBA TERIMA DONASI JAMBAN GRATIS

Gerakan Swadaya Jamban Gratis oleh CBM
Celotehbulakamba.com, Bulakamba- Grup Facebooker Celoteh Brebes Membangun (CBM) kembali memberikan donasi jamban gratis kepada warga miskin, setelah sebelumnya memberikan kepada warga Desa Wlahar, Kecamatan Larangan dan Desa Kupu, Kecamatan Wanasari kabupaten Brebes. 

Kali ini, warga yang beruntung mendapatkan donasi jamban sehat adalah dua orang warga Desa Bulakamba, Kecamatan Bulakamba yakni Ali Kasmu’i (45) RT 02/RW 05 dan Kastori (42) RT 04/05. Keduanya masuk kategori Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan belum memiliki jamban sebagai sarana Buang Air Besar (BAB) anggota keluarganya, Kamis (25/2).

Ali Kasmu’i adalah seorang penjual es keliling, sedangkan isterinya seorang buruh tani. Beliau hanya memiliki 1 orang anak tapi dengan keterbelakangan mental. Penghasilan yang tidak seberapa untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga dalam benak pak Ali Kasmui tidak berani berangan-angan memiliki jamban sendiri. “Setiap hari kalau mau buang hajat, ya kami harus pergi ke pekarangan atau sawah, meski tidak nyaman untuk kami tapi tidak ada pilihan lain, kalau anak saya harus BAB, sangat merepotkan,” ujarnya.

“Alhamdulillah ada dermawan yang mau memberi kami jamban gratis, sekarang kalau mau BAB tidak susah lagi, terimakasih  banyak ya," begitu ucapan Ali Kasmui berulang-ulang. Kini, memiliki jamban bukan lagi sekedar angan-angan bagi Ali Kasmui dan keluarga.

Tim CBM peduli Jamban Gratis Adi Assegaf mengatakan kegiatan ini murni sebagai bentuk kepedulian sosial semata. " Warga yang diusulkan dan telah memenuhi kriteria, sebelumnya di survei kelayakannya agar donasi jamban gratis ini benar-benar tepat sasaran,"terangnya.  

Ia juga menambahkan 1 unit jamban yang diterima sudah satu paket meliputi tempat jongkok (WC), peralatan pembuatan lubang septictank berikut 2 orang pekerjanya (tukang), semua gratis. Pengerjaan jamban selalu pagi hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

“Semoga donasi jamban ini bisa bermanfaat untuk warga, yang awalnya BAB di sembarang tempat, mulai sekarang sudah bisa memanfaatkan jamban dengan baik,” tandasnya. (Siti Fatimah)



0 Response to "2 WARGA DESA BULAKAMBA TERIMA DONASI JAMBAN GRATIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel