Hanya Setahun, Jumlah Pasukan ISIS Libya Bertambah 2 Kali Lipat





Kepala pasukan Amerika Serikat (AS) di Afrika memperingatkan, jumlah anggota kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS) di Libya telah bertambah dua kali lipat menjadi hingga 6.000 personel. Jumlah itu didapat dalam kurun waktu setahun.

Jumlah anggota ISIS di Libya diperkirakan bertambah hingga dua kali lipat dibanding tahun lalu. Negara itu kini juga telah menjadi "surganya" militan karena kekacauan politik yang masih terjadi.

Menurut David Rodriguez, dikutip CNN, Jumat (8/4), komandan Komando Amerika Serikat di Afrika, intelijen AS memperkirakan jumlah anggota ISIS di Libya saat ini antara 4.000 sampai 6.000, meningkat dua kali lipat dibanding penilaian 12 hingga 18 bulan lalu.

Sejak runtuhnya pemerintahan Moammad Gaddafi tahun 2011, Libya dilanda kekacauan politik dan menjadikan negara itu sebagai sarang militan.

Sejak tahun 2014, Libya terbagi menjadi dua pemerintahan, di Tripoli dan di bagian timur negara itu. Desember lalu, tercipta pemerintahan nasional yang diharapkan mampu menyatukan negara itu dalam melawan ISIS dan menciptakan kestabilan di Libya.

Rodriguez mengatakan, beberapa kelompok militan bebas keluar masuk Libya, sebagian datang dari Afrika utara. Dia juga mengatakan, beberapa kelompok militan di yang telah ada Libya juga mulai berbaiat kepada ISIS.

Desember lalu dalam serangan jet F-15 AS, pemimpin ISIS di timur Libya, Abu Nabil, tewas terbunuh. Dalam penyerbuan Maret lalu di kota Sabratha, tujuh orang terduga anggota ISIS tewas.

"Kami terus mengincar target yang merupakan ancaman bagi kepentingan dan personel Amerika Serikat di Libya," kata Rodriguez.

Menurut Rodriguez hal ini terjadi karena dalam pasukan ISIS tidak ada warga asli Libya yang tahu banyak tentang negara itu. Hal ini berbeda dengan apa yang terjadi di Irak dan Suriah. Terlebih, orang Libya tidak suka dengan pengaruh eksternal.

Rodriguez juga mengungkapkan, ISIS tengah berjuang untuk memperluas daerah kekuasaannya. Mereka saat ini telah menguasai Sirte dan terlibat bentrok dengan sejumlah milisi Libya yang mencegah pertumbuhan ISIS di negara itu.

"Di timur, di Benghazi dan Derna, mereka telah berjuang melawan ISIS dan membuat kelompok itu kesulitan untuk beroperasi," tukas Rodriguez


0 Response to "Hanya Setahun, Jumlah Pasukan ISIS Libya Bertambah 2 Kali Lipat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel