Tahun 2020, Kekurangan Guru Akan Mencapai Puncaknya, Peluang Besar Jadi PNS

Assalamualaikum wr.wb, selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua rekan rekan pendidik di seluruh tanah air indonesia , Selamat datang di website pendidikan operator guru , kami menyajikan informasi terbaru  seputar Informasi Guru, Pendidikan indonesia dan kabar berita menarik lainya, berikut informasi mengenai, Tahun 2020, Kekurangan Guru Akan Mencapai Puncaknya, Peluang Besar Jadi PNS , berikut informasi selengkapnya .

Dua tahun ke depan, banyak sekali guru yang memasuki masa pensiun. Puncaknya diperkirakan pada 2020, banyak kasus kekurangan guru yang akan terjadi. Pusat analisis kebijakan pendidikan mengamati kasus kekurangan guru lebih kepada permasalahan penempatan guru yang tidak merata alias mutasi yang tidak efektif.

“Banyak perguruan tinggi ramai-ramai membuka jurusan guru dan meluluskan guru. Tapi selama ini kasus yang terjadi adalah masih sering mengalami kekurangan guru,” ujar Pusat Analisis Kebijakan Pendidikan Kemendikbud, Ir Hendarman MSi PhD kepada Malang Post ditemui di UIN Maliki.

Padahal, menurutnya, bukan jumlah guru yang kurang. Namun, penempatan guru yang belum merata. Ada sekolah yang gurunya sampai kekurangan jam mengajar karena kelebihan guru, begitupun sebaliknya.


Solusi yang ditawarkan dalam menghadapi tidak meratanya jumlah guru adalah melakukan mutasi. Namun hal ini menuai pro kontra pelaksanaannya di kalangan guru. Sebab, sebagian menilai rotasi guru hingga kini belum maksimal diterapkan.

Salah satunya, Kepala SDN Blimbing 1, Drs Tjipto, mengaku faktor utama adalah lamanya proses pengangkatan guru yang disebabkan banyak guru pensiun. Dia menbeberkan proses rotasi guru sebenarnya sangat diperlukan untuk menambah pengalaman guru. Namun, dalam praktiknya tidak terlaksana maksimal.

0 Response to "Tahun 2020, Kekurangan Guru Akan Mencapai Puncaknya, Peluang Besar Jadi PNS "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel