Kemendikbud Minta Tunjangan Guru Disisihkan Beli Kuota Internet

Informasiguru_Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta para guru agar menyisihkan sebagian Tunjangan Profesi Guru (TPG)-nya untuk kebutuhan peningkatan kompetensi. Salah satunya dipergunakan untuk membeli pulsa data internet, agar dapat menunjang kelancaran berbagai pelatihan dan pendidikan (diklat) daring.

"Tunjangan guru tolong setelah korona ini selesai agar disisihkan untuk peningkatan kompetensi, untuk membeli pulsa ya. Saya kira enggak masalah ini, sebab melalui teknologi kita bisa komunikasi, tidak harus di ruangan," kata Plt. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbud, Supriano, saat mengikuti Konferensi Video "Diklat Daring Masif dan Terbuka (Didamba)", Senin, 13 April 2020.

Sebab menurut Supriano, sistem pelatihan guru ke depannya akan memperbanyak model diklat daring semacam Didamba. Didamba sendiri digelar dalam rangka peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bidang IPA. 



Diklat daring ini digagasPusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Kemendikbud dan bisa diakses oleh semua guru IPA semua jenjang di seluruh Indonesia. Penggunaan pelatihan daring, kata Supriano, sangat menghemat anggaran serta efektif dan efisien.

"Inisaving-nya luar biasa, hemat anggaran, tidak harus meninggalkan sekolah, pelatihan sangat mudah dan banyak sekali informasi yang bisa didorong bersama. Kami di pusat mulai menggelar pelatihan yang tadinya mengumpulkan para guru (tatap muka) beralih ke daring seperti ini," ungkap Supriano.

Kadisdik Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rosihan Pribadi misalnya, ia mengapresiasi program diklat daring P4TK ini. "Didamba ini efisiensi dan efektifitas. Efektifitas sasaran sangat luas sekali. Kita bisa mengirim 17 orang untuk ikut diklat, sangat bermanfaat bagi guru-guru Kami. Kami berharap program bisa berlanjut dengan sasaran yang lebih luas lagi," serunya.

Tidak hanya memperluas akses, Rosihan juga mengusulkan, agar ke depan dapat dibuat pelatihan yang bersifat khusus. "Kami berharap ke depan ada pelatihan semacam kelas kabupaten secaraonline," usulnya.


Sumber : Medcom

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.

0 Response to "Kemendikbud Minta Tunjangan Guru Disisihkan Beli Kuota Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel