Tunggu Edaran Mendikbud, Disdik Minta Guru Beri Tugas Usai Siswa Belajar Lewat TVRI

Informasiguru_Sembari menunggu surat edaran resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI tentang peran guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa lewat program menonton siaran di TVRI, pihak Dinas Pendidkan Sumsel meminta guru memberi tugas kepada siswa usai menyaksikan siaran tersebut. 

Pasalnya, jika guru terutama guru honorer tak memberi tugas atau kontribusi maka guru terancam tak dapat insentif, karena program belajar sementara siswa lewat menyaksikan siaran TVRI. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs H Riza Pahlevi MM mengaku belum menerima surat edaran resmi dari Kemendikbud tentang KBM siswa yang merupakan kerjasama Kemendikbud dengan TVRI ini. 

Sehingga hal-hal teknis terkait peran guru dan lainnya dalam KBM terbaru ini belum mendapatkan arahan dari Kemendikbud. 



“Tapi saya mengimbau kepada para kepala sekolah untuk menugaskan guru untuk membuat resume dari program belajar dari rumah yang merupakan kerjasama Kemendikbud dengan TVRI,” ujar Riza. 

Terkait kapan akan di kumpul tugas resume dari semua program yang dipelajari melalui menonton televisi dikatakan Riza, agar pihak sekolah bersama guru mengambil kebijakan bagaimana baiknya. 

Langkah tersebut dikatakan Riza agar guru honorer bisa tetap mendapat gaji dari KBM yang selama ini dilakukan menggantikan KBM tatap muka. Sehingga jangan sampai para guru terutama guru honorer juga tak terkena dampak secara ekonomi. 

“Silahkan Kepala sekolah melihat bukti pengawasan dari guru kepada siswa melalui tugas resume. Kalau ada bukti lengkap saya rasa tak ada alasan guru untuk tidak digaji. Tapi ya kalau guru hanya duduk manis saja tanpa ada inisiatif ya tidak dapat gaji,” terangnya. 

Menurut Riza, program belajar dari rumah dengan edukasi dari program di TVRI ini disambut baik karena salah satu kelemahan KBM daring yang sebelumnya berjalan adalah ada siswa yang tak punya android, kemudian biaya kuota data internet hingga siswa di daerah yang terkendala jaringan internet dan berbagai keluhan lain. 

Sumber : beritasebelas.com

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.

0 Response to "Tunggu Edaran Mendikbud, Disdik Minta Guru Beri Tugas Usai Siswa Belajar Lewat TVRI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel