Inilah 4 Alasan Lokalitas Olahan Kopi Makin Hits, Bikin Penikmatnya Jadi “Candu”


Ilustrasi Foto oleh: @kaylahotto
“Enggan melewati hari tanpa kopi,” kurang lebih menjadi kalimat candu bagi mereka yang gemar mengonsumsi.
Bicara produk olahan kopi, apalagi yang dibahas kalau bukan soal minuman kopi. Minum kopi sudah jadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Kopi bukan saja identik dengan orang tua, tapi dari kalangan milenials juga “mendadak” jadi penikmat kopi. Tren tersebut tentu tidak lepas dengan makin menjamurnya usaha kedai kopi kekinian di Indonesia.

Negara dengan Konsumen Kopi Terbanyak
Berdasarkan Kata Data, Konsumsi Kopi Negara Eksportir, Brazil menjadi negara produsen kopi terbesar di dunia, dan konsumen kopi terbanyak menurut Organisasi Kopi Internasional, sejak 2015 hingga 2019.

Periode 2015/2016, data konsumsi kopi di Brazil sebanyak 20,5 juta karung berukuran 60kg. Pertumbuhannya meningkat 2.8 % hingga periode 2018/2019. Tidak mau kalah dengan Brazil, Indonesia berada tepat di bawahnya sebagai negara pengonsumsi kopi terbesar kedua, yakni 4,55 juta karung kopi berukuran 60kg. Terus bertambah, dengan pertumbuhan positif 1,8% pada periode 2018/2019.

Produk Olahan Kopi Makin Hits
Yang jadi viral, tak jarang orang mengunggah foto di media sosialnya saat membeli atau hendak menikmati minuman es kopi susu. Produk olahan kopi yang satu ini, terus hadir dengan ragam inovasi, membuatnya makin banyak dinikmati.

Jika Anda bertanya-tanya, mengapa bisnis es kopi susu ini bisa laris manis?
Ketika tren itu sudah tercipta, para pegiat bisnis satu persatu mulai terinspirasi membuka bisnis kedai kopi yang menjanjikan ini. Hingga hari ini, yang buka bisnis kedai kopi terus bertambah, lho. Dilansir dari sini, sedikitnya ada 10 persen tiap tahun pertumbuhan kedai kopi di kota-kota besar, khususnya Jakarta.

Anda mungkin mulai terpikir, sederet nama produk es kopi susu yang saat ini sedang hits. Usut punya usut, cita rasa es kopi ini berbeda lho, dengan kopi buatan rumahan. Meskipun saat ini sudah banyak resep es kopi susu yang bisa dibuat sendiri, pesan melalui layanan delivery masih jadi yang paling banyak diminati.

Nah, apa saja sih, bedanya dengan produk es kopi susu yang marak di pasaran saat ini?
Inilah 4 Alasan Lokalitas Olahan Kopi Makin Hits. Bikin penikmatnya Jadi “Candu”.

1. Cita Rasa dan Varian Berbeda


Rasanya yang segar, cocok banget sama udara panasnya ibu kota. Minuman dingin seperti es kopi susu, sudah paling pas dinikmati sebagai pelepas dahaga.
Selain rasanya yang segar, es kopi susu ini bisa dinikmati berbagai kalangan. Kalau Anda suka kopi, tapi nggak suka rasa kopi yang terlalu pekat dan cenderung pahit. Es kopi susu kekinian ini bisa jadi alternatifnya.

Es Kopi susu umumnya terbuat dari campuran espresso, krim, susu full krim rasa kelapa, dan dipadu dengan khasnya rasa manis dari gula aren. Jadi, rasanya bisa dibilang masih aman dan cukup modern buat dinikmati bagi Anda yang jarang minum kopi.

Nah, sebenarnya ada banyak varian kopi yang bisa Anda coba dari berbagai produk. Beberapa jenis di antaranya ada es kopi gula aren, kopi macchiato, kopi cokelat atau cappuccino, kopi avocado, kopi karamel, kopi hazelnut, kopi mint, atau yang ciri khas terkini ada kopi susu cookies cream atau cereal milk.

2. Harga Ekonomis dengan Kemasan Praktis
Ilustrasi Foto oleh: Fastprint.co.id
Umumnya orang suka kopi karena alasan harga, rasa, dan kemasannya yang praktis. Saat ini, tren penikmati kopi jelas meningkat. Hari gini, Anda bisa menikmati kopi nggak perlu pakai mahal.

Dengan hadirnya es kopi susu kekinian ini, cukup merogok kocek kisaran 15 ribu sampai 25 ribu.
Selain es kopi kemasan standard, Anda juga bisa pesan kopi literan yang dikemas ukuran 250 ml, 500 ml, dan 1 liter. Harganya masih relatif terjangkau kok, dari kisaran 20 ribu sampai 80 ribuan.

Anda juga nggak perlu khawatir jika membeli kopi kemasan literan ini. Selain soal rasa, pegiat usaha kedai kopi juga terus berinovasi dari segi pengemasan. Beberapa sudah ada yang menggunakan botol kaca guna mengurangi sampah plastik.

Kopi yang dikemas dalam botol, biasanya tipe kopi yang disajikan bersama dengan es seperti cold brew atau espresso, latte, dan milk. Jadi, Anda bisa tetap menikmati varian kopi kekinian sesuai selera dan varian harga yang terjangkau.Buat kopi literan ini, waktu penyimpanannya lebih awet, ya. Bisa bertahan dua sampai tiga harian, bergantung dari bahan yang digunakan.

3. Ambience yang Nyaman dan Unik
Ilustrasi Foto oleh: @Katlyn Giberson
Berbeda dengan era dahulu yang mana seseorang pergi ke kedai kopi hanya untuk menikmati racikan kopinya. Saat ini, banyak orang menjadi terbiasa menghabiskan waktunya di kedai kopi. Baik itu sekadar bersantai, bertemu teman, mengerjakan tugas atau melakukan meeting.

Tentunya, kedai kopi yang beralih jadi tempat "nongkrong" ini mulai banyak dicari dari segi keuikan, suasana atau suguhan ambience yang disuguhkan. Adanya fasilitas wifi gratis, membuat pengunjung betah berlama-lama di kedai kopi.

Maka, tak heran para pegiat bisnis kedai kopi, berlomba menciptakan suasana yang nyaman dan menawarkan desain tempat dengan masing keunikannya. Tujuannya tak lain agar menarik perhatian calon pembeli dan memenangkan persaingan bisnis es kopi ini.

4. Tersedia Layanan Delivery
Ilustrasi Foto oleh: @Komikkopi
Era Social Commerce saat ini semakin memudahkan kita berbelanja barang yang dibutuhkan, ya. Semuanya bisa dipesan secara online. Khususnya dalam pemesanan makanan dan minuman. Anda tidak perlu keluar rumah atau harus berlama-lama antri. Tinggal klik Order melalui aplikasi ojek online, pesanan pun akan segera diantarkan oleh driver. Praktis dalam memesannya, tentu semakin mudah juga cara pembayarannya. Anda bisa bertransaksi menggunakan dompet digital (e-wallet), atau bisa juga lho, bayar dari rumah ketika pesanannya sudah sampai.

Itulah 4 alasan mengapa lokalitas olahan kopi makin hits. Seperti yang Anda tahu, pilihan menikmati kopi, jadi incaran bagi mereka yang ingin meningkatkan konsentrasi. Terbukti menyegarkan dan menghalau kantuk, es kopi susu bisa menemani Anda saat bersantai, atau memperbaiki mood di sela aktivitas bekerja. Jadi, kini Anda bisa menikmati varian kopi, sesuai pilihan rasa serta harga yang terjangkau. (Kartika)

0 Response to "Inilah 4 Alasan Lokalitas Olahan Kopi Makin Hits, Bikin Penikmatnya Jadi “Candu”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel