Terawan: Jika Ada Kasus Positif Corona, Sekolah Akan Tutup dan Murid di-Tracing

Informasiguru_Pembukaan sekolah di tahun ajaran 2020-2021 akan dibagi berdasarkan zona. Sekolah yang berada di zona hijau diperbolehkan buka dan melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan sejumlah syarat protokol kesehatan ketat.

Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan, sekolah akan ditutup jika ditemui ada murid atau guru yang positif virus corona. Tracing pun akan dilakukan oleh dinas kesehatan setempat untuk mengetahui apakah ada murid atau guru lain yang terpapar.

"Kalau ada kasus positif di sekolah, maka otomatis puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten/kota akan koordinasi sekolah itu untuk menjaga agar tidak ada penyebaran lebih lanjut dan aktivitas sekolah akan dihentikan dulu sementara," kata Terawan dalam keterangannya secara virtual, Senin (15/6).



"Juga terus dilakukan tracing pada anak yang sakit itu, dan tracing itu bisa ditelusuri dari lingkungan anak itu dan juga lingkungan sekolahnya," lanjutnya.

Pembukaan kembali sekolah setelah ditemukannya kasus positif, kata dia, akan mengikuti tata kelola yang telah ditentukan Kemendikbud. Terawan mengatakan Kemenkes akan terus memantau sampai sekolah tersebut benar-benar bebas dari kasus virus corona.

"Kami akan terus pantau sehingga sekolah itu betul-betul hijau tidak ada kasus lagi. Sehingga jalannya pendidikan bisa lancar, tapi kesehatan dan keselamatan para murid jadi prioritas kami," tuturnya.

Terawan mengatakan pihaknya akan terus mendukung Kemendikbud untuk mendampingi sekolah-sekolah menerapkan protokol kesehatan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.

"Kami di dalam dukungan terharap protokol kesehatan jelas melalui fasilitas pelayanan di sekitar sekolah yang kami surati, imbau, perintahkan untuk bisa lakukan pendampingan sekolah-sekolah yang buka, lakukan promotif dan preventif sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah itu bisa lancar, sehat, selamat. Itu yang bisa kami lakukan," pungkasnya.


Sumber : Kumparan

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.

0 Response to "Terawan: Jika Ada Kasus Positif Corona, Sekolah Akan Tutup dan Murid di-Tracing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel