Nadiem: Sekolah Negeri Seharusnya untuk yang Paling Membutuhkan Secara Sosial Ekonomi

Informasiguru_Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah negeri seharusnya diperuntukkan bagi siswa yang tingkat ekonominya rendah.

"Secara prinsip undang-undang dasar kita, sekolah negeri itu seharusnya untuk yang paling membutuhkan secara sosial ekonomi. Itu kan prinsip keadilan sosial yang dijunjung tinggi," ujar Nadiem dalam diskusi dari KPK, Rabu (29/7).

Menurutnya, prinsip itu diimplementasikan melalui jalur zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Nadiem menyebut PPDB yang menggunakan nilai UN sebagai patokan seleksi, memunculkan situasi siswa sosial ekonomi menengah ke atas duduk di bangku sekolah negeri. 



Nadiem mengatakan bahwa aturan zonasi tidak mudah diterima oleh publik.

"Ini suatu transisi yang memang tidak mudah. Tetapi merupakan suatu reformasi yang menurut saya penting dan bisa secara dramatis mengubah kesetaraan pendidikan di Indonesia," ujarnya.

"Untuk pemerintah pusat menentukan detail mengenai area spesifik bagaimana cara mengatur zonasi itu tidak akan menemui titik temu dan bisa menciptakan masalah lain," lanjutnya. 

Sumber : JITUNEWS.COM

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, silahkan simak informasi lainnya dibawah ini.
Admin Staf Biasa Yang Menikmati Hidup Sambil Ngeblog

0 Response to "Nadiem: Sekolah Negeri Seharusnya untuk yang Paling Membutuhkan Secara Sosial Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel