DUNARSO, MUBALIGH ASI EKSLUSIF


LARANGAN- Ladang pahala bila seorang Ibu yang melahirkan bayinya, memberikan Air Susu Ibu (ASI ) Ekslusif kepada bayinya selama 6 bulan, setelah 6 bulan tetap diberikan ASI dan Makanan Pendukung ASI ( MPASI) sampai 2 tahun. itulah ungkapan Dunarso seorang Pembantu Kaur Kesra (Lebe)  Desa Siandong, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Pengalamannya berawal pada September 2013, Dunarso pernah mendapatkan Pelatihan Kesehatan Gizi dan ASI Ekslusif yang difasilitasi oleh Lembaga Kesehatan Nahdhatul Ulama (LDNU) di Pondok Pesantren Alhikmah 2 Desa Benda, Kecamatan Sirampog tahun 2013. Selama 2 hari Dunarso dan beberapa mubaligh di Kecamatan Se Kabupaten Brebes dilatih oleh para pakar Ahli Gizi dan ASI Ekslusif.

Dunarso dalam penyuluhannya,  لَا رَضَاعَ إِلَّا فِي اَلْحَوْلَيْنِ (laa rodhoo’a illaa filhaulaini), tidak ada penyusuan kecuali dalam dua tahun.

“Orang menyusui itu ladang pahala. setiap satu hisapan bayi untuk menyusu, maka si ibu dosanya sebagian hilang, " ujarnya di sela-sela kegiatan pelatihan Konvensi Hak Anak di PAUD Amal Sholeh Temukerep Larangan.

Ia juga menjelaskan tentang  kolostrum (getah timun) yang keluar dari ASI itu banyak manfaatnya, salah satunya tidak membuat anak mudah meriyang (sakit).

Bapak dari dua anak ini, rutin melakukan penyuluhan diberbagai acara seperti pertemuan Kelompok Pejuang ASI (KPASI) Kecamatan Larangan, walimatul ursy, walimatul hamli (tebus weteng), walimatul aqiqoh, pengajian rutin ibu-ibu fatayat dan muslimat. Banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari penyuluhan Dunarso.

“maturnuwun nggih pak lebe”, ucap Suniti (23) salah satu ibu yang telah mengikuti pnyuluhan Dunarso, dan mau mematuhi apa yang disampaikan, Alhamdulillah anak saya sehat, ceria dan cerdas”, lanjutnya.

Hal yang sama juga dengan Rusbianto (36) anggota Jam’iyah Nurul Fata mengatakan,”Pak Lebe kaya Dokter yah..bisa ngerti kesehatan ibu, terutama menyusui”.

Hal senada juga disampaikan Ketua Forum Pendamping Anak Adi Assegaf, semestinya apa yang dilakukan oleh Lebe Dunarso ditiru oleh lebe-lebe yang lain dalam rangka menaikkan cakupan ASI sehingga ke depan menjadikan generasi anak brebes bisa sehat, ceria, cerdas dan berakhlakul karimah.( Lukman Editor Bahrul Ulum)

0 Response to "DUNARSO, MUBALIGH ASI EKSLUSIF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel