Pertanyaan, Jawaban dan Tanggapan Tentang Filsafat (Bagian1)


1.    Pertanyaan    :Menurut pandangan anda, bagaimana berpikir dewasa itu?
Jawaban teman    :Berpikir dewasa adalah subtansi dari filsafat kehidupan, tetapi ini terfokus pada kehidupannya (Kedewasaan). Sebab orang yang dewasa dalam hidupnya, yaitu orang yang dapat mengambil hikmah dari setiap masalah yang ia hadapi dalam hidupnya.
Tanggapan saya    :Saya setuju dengan paparan diatas, orang yang dewasa adalah orang yang dapat mengambil hikmah dari nsetiap masalah yang dihadapi dalam hidupnya.   

2.    Pertanyaan    :Apa perbedaan  berfikir dewasa dengan kedewasaan berpikir?
Jawaban teman    :Menurut saya berpikir dewasa ditandai dengan kesadaran untuk berpikir nalar serta berpikir positif dalam rangka membangun sikap positif. Seseorang yang berpikir dewasa akan mampu menempatkan fungsi akal budinya bukan hanya sebagai panduan untuk mencapai visi dan tujuan hidupnya melainkan juga mampu menopang usahanya dalam proses yang kontinyu untuk menjadi dirinya. sedangkan Kedewasaan berpikir ini terfokus pada pembentukan pola pikir yang dewasa.
Tanggapan saya    : Sepaham dengan jawaban diatas, kedewasaan berfikir yaitu terfokus pada pembentukan pola pikir sedangkan berfikir dewasa mampu menempatkan fungsi akal budinya bukan hanya sebagai panduan untuk mencapai visi dan tujuan hidupnya melainkan juga mampu menopang usahanya dalam proses yang kontinyu untuk menjadi dirinya.


3.    Pertanyaan    :Menurut pandangan anda apakah filsafat yang objektif berguna bagi pendewasaan filsafat?
Jawaban teman    :Menurut saya Filsafat yang objektif sangatlah berguna bagi proses pendewasaan berfilsafat. Baik dalam memahami sesuatu yang mikro ataupun memahami sesuatu yang makro. Karena kehidupan ini harus di pahami dari banyak sisi, tidak bisa kita menyimpulkan suatu kebenaran hanya dari satu sisi saja. Tetapi perlu banyak pemahaman hingga kita dapat mengetahui peta permasalahan yang terjadi dari hal yang sifatnya pribadi hingga hal-hal yang sifatnya umum dan universal
Tanggapan saya    :Setuju, kehidupan ini harus di pahami dari banyak sisi, tidak bisa kita menyimpulkan suatu kebenaran hanya dari satu sisi saja.


4.    Pertanyaan    :Menurut anda apakah filsafat hanya dapat dikenyam di bangku kuliah saja?   
Jawaban teman    :Menurut saya tidak, karena Pada dasarnya filsafat adalah kegiatan berpikir. Menimbang baik dan buruknya sesuatu, memahami persoalan dari berbagai perspektif, tidak hanya memandang dari satu sisi.
Tanggapan saya    : Saya setuju, selain dari paparan temen saya tersebut. Menurut saya bangku kuliah hanyalah segelintir waktu yang kita lewati, waktu yang tersita bukan pada saat kuliah saja, tetapi waktu yang kita habisakan malahan banyak dari lingkungan sekitar (bukan kuliah).

5.    Pertanyaan    :Menurut anda apakah kehidupan komunitas dapat membentuk manusia untuk hidup secara lebih baik, bijaksana dan kritis?
Jawaban teman    :Menurut saya kehidupan komunitas dapat membentuk hidup manusia secara lebih baik. Dapat dikatakan demikian karena pada dasarnya kodrat manusia adalah makhluk sosial. Itu berarti manusia selalu berada bersama dengan sesamanya atau orang lain. Ia tidak berada sendirian, melainkan selalu berada bersama dengan orang lain. Manusia selalu berada dengan orang lain dan membentuk suatu persekutuan yang disebut sebagai komunitas. Mereka membentuk hidup besama karena ada nilai yang ingin dicapai secara bersama.
Tanggapan saya    :Setuju dengan paparan diatas kerena tidak berada sendirian, melainkan selalu berada bersama dengan orang lain. Manusia selalu berada dengan orang lain dan membentuk suatu persekutuan yang disebut sebagai komunitas

0 Response to "Pertanyaan, Jawaban dan Tanggapan Tentang Filsafat (Bagian1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel